• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


M. Taufik : Belajar Silat itu Cara untuk Mati dalam Keadaan Baik

Minggu, 20 Januari 2019 | 19:02 WIB
Ketua Umum PSHT M
Loading...


Klikbabel.com, Pangkalpinang - Wakil Ketua Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PB IPSI) yang juga Ketua Umum Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Muhammad Taufik berpesan, belajar silat itu adalah salah satu cara untuk mempersiapkan mati dalam keadaan yang baik.

Menurutnya, apa yang dilakukan para pelatih dapat menjadi ladang amal tersendiri. "Mati dalam keadaan baik. Husnul khatimah," kata dia usai mengukuhkan pengurus PSHT Cabang Pangkalpinang, di Panti Wangka, Minggu (20/1/2019).

Taufik mengatakan, di pencak silat dididik untuk mengolah dan memanfaatkan apa yang diamanahkan oleh Tuhan. Semisal, fisik, yang dilatih melalui ousdower, senam, jurus. "Semua digerakkan. Kaki, tangan, terkoordinasi dengan baik," ungkapnya. 

Selain itu, ada nalar. Yakni pikiran. Dimana dalam proses latihan dilakukan dengan mengingat materi yang diberikan. "Ada juga amanah yang diberikan Tuhan yakni mengenai rasa. Menilai baik dan buruk. Suka atau tidak," tambahnya. 

Taufik menambahkan, keyakinan tentang keberadaan Tuhan juga sangat penting. Diharuskan kita mengenal diri pribadi. Sebab, siapa yang mengenal pribadinya maka akan juga mengenal Tuhan. "Di pencak silat hal itu semua diajarkan," ingatnya.

Menyikapi kondisi PSHT saat ini, Taufik juga memint hntuk dapat menjaga ikatan persaudaraan sesama anggota Setia Hati. Menurut dia, dengan perkembangan media sosial saat ini, hal tersebut mulai rusak.

"Kalau sudah dikecer (wisuda-red), mau dia SH Panti, SHO dan lainnya tetap saudara kita," pesannya.

Sementara, Ketua PSHT Cabang Pangkalpinang yang baru dikukuhkan, Muryanto berharap, diusia kepengurusan yang baru dapat memberikan warna untuk perkembangan PSHT di Babel kedepan. "Banyak program pusat yang belum bisa dilakukan di daerah, lantaran ada kendala. Tapi insyallah, dengan kekompakan pengurus bisa dilakukan. Salah satunya bela negara," kata Muryanto.

Menurut dia, jumlah anggota PSHT di Pangkalpinang belum terlalu banyak. Namun, ia berharap kedepan PSHT semakin bisa diterima di masyarakat. "Meski demikian alhamdulillah untuk prestasi sudah bisa mencapai tingkat provinsi," tambahnya.

 

 

 

 

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com