• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kasus Malaria di Basel Mengalami Penurunan

Rabu, 16 Januari 2019 | 16:14 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Sepanjang tahun 2018, kasus malaria di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) hanya terjadi 7 kasus. Dengan rincian 2 kasus di wilayah Puskesmas Toboali, 3 Kasus di Simpangrimba dan 2 kasus di Puskesmas Batubetumpang.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Rusdimanto menuturkan, kasus malaria menurun secara signifikan karena meningkatnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan dalam mencegah penularan penyakit.

"Menurunnya cukup signifikan, dimana tahun 2017 terdata 23 kasus. Artinya penurunannya sekitar 16 kasus karena 2018 terjadi 7 kasus. Ini juga berkat peran aktif dari kader kesehatan yang ada di masing-masing desa," katanya, Rabu (16/1) kepada wartawan. 

Menurut dia, pemerintah daerah telah melaunching program ungkap, periksa dan selamat (UPS) pada tahun 2017 lalu untuk meminimalisirkan penyebaran wabah yang dimotori para kader kesehatan. Sebagai wilayah endemis malaria, pihaknya menargetkan pada tahun 2019 kasus malaria di Bangka Selatan akan semakin kecil. 

"Untuk benar-benar bebas dari malaria saya rasa itu tidak mungkin, karena di Babel adalah merupakan wilayah endemik malaria, namun kami akan terus berupaya menekan angka kasus malaria yang terjadi di Babel," jelasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : Septi Artiana
Sumber : klikbabel.com