• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Mengapa Mimpi Kerap di Luar Nalar? Simak 5 Faktanya

Selasa, 15 Januari 2019 | 08:07 WIB

Klikbabel.com, Jakarta - Mimpi bisa jadi adalah hal yang menarik, mengasyikkan, menakutkan, atau sekadar aneh. Meskipun tidak ada penelitian  yang jelas tentang mengapa kita bermimpi , peneliti telah belajar sedikit tentang apa yang terjadi ketika kita bermimpi. Nah, ternyata ada fakta tentang mimpi yang perlu kamu tahu, berikut 5 fakta menarik mimpi seperti melansir Verywell.

Semua orang mimpi

Orang dewasa dan bayi sama-sama bermimpi sekitar dua jam per malam. Bahkan, para peneliti telah menemukan bahwa orang biasanya memiliki beberapa mimpi setiap malam, masing-masing biasanya berlangsung antara lima hingga 20 menit. Selama masa hidup yang khas, orang menghabiskan rata-rata enam tahun untuk bermimpi.
Anda lupa sebagian besar impian Anda.

Sebagian besar mimpi dengan cepat dilupakan

Sebanyak 95 persen dari semua mimpi dengan cepat dilupakan tak lama setelah bangun tidur. Menurut satu teori tentang mengapa mimpi sangat sulit untuk diingat, perubahan di otak yang terjadi selama tidur tidak mendukung pemrosesan informasi dan penyimpanan yang diperlukan untuk pembentukan memori terjadi. Pemindaian otak pada orang yang tidur menunjukkan bahwa lobus frontal — area yang memainkan peran kunci dalam pembentukan memori — tidak aktif selama tidur gerakan mata cepat (REM), tahap di mana mimpi terjadi.

Tidak Semua Mimpi Berwarna

Beberapa bermimpi hitam dan putih, sementara kebanyakan orang melaporkan bermimpi dalam warna, ada sebagian kecil orang yang mengaku hanya bermimpi hitam dan putih. Dalam studi di mana pemimpi telah terbangun dan diminta untuk memilih warna dari bagan yang cocok dengan yang ada dalam mimpi mereka, warna pastel lunak adalah yang paling sering dipilih.

Jenis mimpi pria dan wanita berbeda

Kebanyakan pria akan lebih sering bermimpi tentang sesuatu yang berbau fisik atau kekerasan. Sedangkan perempuan akan lebih sering bermimpi tentang sesuatu yang berhubungan dengan perasaan.

Sulit mengingat keseluruhan mimpi

Hampir setiap orang jika bangun dari tidur akan merasakan sulit mengingat keseluruhan mimpi. Biasanya ini diakibatkan kinerja otak yang tidak maksimal ketika kita sedang tidur. 



Penulis  : Septi. A
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Suara.com

Topik