• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


DPRD Babel Bentuk Pansus Hutan Tanaman Industri

Senin, 14 Januari 2019 | 09:00 WIB
Rapat Paripurna DPRD Babel mengenai Pansus HTI. Foto : ist
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat paripurna penyampaian rancangan peraturan daerah industri sekaligus membentuk anggota panitia khusus Hutan Tanaman Industri (HTI) dan rencana pembangunan industri 2018-2038. Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Babel, Didit Srigusjaya, Senin (14/1/2019) menjelaskan, sebelum mengesahkan raperda menjadi perda, DPRD terlebih dahulu membentuk anggota pansus agar semua polemik HTI terselesaikan. "Sebagai anggota dewan yang tergabung dalam pansus wajib meneliti keabsahan dari aturan-aturan ataupun sistem-sistem tersebut, dan kejar koridor hukumnya," ujar Didit.

Didit juga menambahkan, pansus ini dipimpin Toni Mukti, sedangkan wakil Mardan. "Kita berharap dapat bekerja secara objektif, semangat dan profesional karena ini menyangkut hajat hidup masa depan orang banyak, termasuk anak cucu kita nantinya,” jelas Didit.

Wakil Ketua DPRD Babel Tony Purnama menambahkan, pembentukan dan penyampaian nama-nama anggota Pansus DPRD pernah dibentuk, bahkan para anggota telah menyampaikan semua rekomendasinya kepada pemerintah daerah. Sebelum itu DPRD Babel juga banyak menerima keluhan dan harapan masyarakat terkait HTI, baik melalui surat menyurat, unjuk rasa dan hasil reses para anggota DPRD Babel.

"Reses terkait HTI mulai dari perizinan HTI di Kabupaten Belitung, Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Tengah, dan kabupaten lainnya yang keberadaan HTI ini dipandang belum secara nyata memberikan dampak bagi masyarakat. Sehingga menimbulkan kekhawatiran terjadinya konflik sosial dalam bagi yang telah mengelola lahan untuk perkebunan rakyat," katanya.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : kl