• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bedakan Infeksi Bakteri dan Virus Sebelum Konsumsi Antibiotik

Senin, 14 Januari 2019 | 10:21 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Sakit, jangan langsung konsumsi antibiotik . Kenali dulu penyebab infeksi , apakah virus atau bakteri , sebelum mengonsumsi obat dan antibiotik.

Dilansir Himedik dari Hellosehat, bakteri dapat hidup di berbagai keadaan lingkungan termasuk suhu ekstrem. Tak sampai satu persen jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Kebanyakan bakteri justru memiliki sifat baik, seperti membantu dalam mencerna makanan, melawan mikroba lain yang menyebabkan penyakit, melawan sel kanker, dan menyediakan nutrisi-nutrisi yang bermanfaat. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri antara lain tuberkulosis, difteri, dan infeksi saluran kencing.

Namun, konsumsi antibiotik yang tidak tepat juga membantu menciptakan penyakit bakteri yang resisten terhadap pengobatan dengan berbagai jenis obat antibiotik. Berbanding terbalik dengan bakteri, sebagian besar virus justu berdampak buruk dan menyebabkan penyakit. Virus juga pemilih, alias menyerang sel tertentu secara spesifik.

Misalnya, virus-virus tertentu hanya menginfeksi sel pada pankreas, sistem pernapasan, dan darah. Pada kasus tertentu, virus juga menyerang bakteri. Dikutip dari Mayoclinic, virus berukuran lebih kecil dari bakteri dan membutuhkan inang yang hidup, seperti manusia, tumbuhan atau hewan, untuk berkembang biak. Kalau tidak, mereka tidak bisa bertahan hidup.

Ketika virus memasuki tubuh, ia menyerang beberapa sel dan mengambil alih mesin sel, mengarahkannya untuk menghasilkan virus

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus di antaranya flu, polio, cacar air, dan AIDS. Dalam beberapa kasus, mungkin sulit untuk menentukan apakah bakteri atau virus yang menginfeksi. Pasalnya banyak penyakit, seperti pneumonia, meningitis dan diare, dapat disebabkan oleh bakteri atau virus.

Secara garis besar itulah perbedaan antara infeksi bakteri dan virus. Ingat untuk selalu waspada dan menjaga gaya hidup sehat supaya terhindar dari infeksi virus maupun bakteri.

Loading...


Penulis  : Septi. A
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Suara.com