• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Keripik Singkong, Bisnis Mudah dengan Keuntungan Menggiurkan

Ilustrasi. Foto : net
Loading...


Klikbabel.com, Jakarta - Keripik singkong merupakan salah satu camilan yang disukai banyak orang. Rasanya yang renyah dan gurih, cocok untuk menjadi teman saat nonton tv atau hanya untuk bersantai sambil berbincang dengan kerabat. Apalagi jika rasanya pedas, akan lebih banyak lagi yang menyukainya. Sebab, makanan pedas sedang menjadi tren saat ini.

Dimana kebutuhan akan makanan pedas di Indonesia semakin tinggi, dilihat dari banyaknya bisnis makanan berlevel tinggi yang banyak diburu masyarakat Indonesia. Inilah yang membuat bisnis keripik singkong pedas menjanjikan keuntungan yang besar.

Target pasar dari usaha keripik singkong pedas ini pun cukup jelas dan luas, yakni semua orang, kecuali anak-anak atau orang yang tidak suka pedas. Selain itu, mereka berasal dari semua kalangan, mulai dari bawah hingga atas. Namun, target pasar yang paling potensial adalah golongan menengah ke bawah, mengingat harganya yang bisa dikatakan murah.

Berikut untuk menjalankan usaha ini, Anda harus perhatikan beberapa catatan penting yang dilansir dari buku Bisnis Modal 500 Ribuan karya Evita PP:

I.Memahami jenis singkong yang baik. Berikut ini cara memilih singkong yang baik:

- Kupaslah singkong dengan kuku, jika warnanya kekuningan berarti singkong tersebut baik. Singkong yang berwarna kekuningan, lebih baik daripada yang berwarna putih.

- Perhatikan tanah yang masih melekat pada singkong, jika tanah masih basah berarti singkong tersebut baru dipanen dan belum terkena noda.

- Ambil singkong dan patahkan sedikit ujungnya, jika terdapat warna biru sebaiknya tidak usah dipilih. Sebab, warna biru ini mengandung enzim poliphenolase yang bersifat racun

2. Keterampilan memasak sangat menentukan dalam mengolah jenis umbi-umbian ini.

3. Mencoba berkreasi dengan membuat resep sambal yang enak sebagai cocolan keripik singkong.

4. Mempunyai jaringan pasar yang baik.

II. Memahami cara pengemasan yang baik dan rapi.

5. Mempersiapkan peralatan membuat keripik.

Selanjutnya untuk simulasi modal usaha dan keuntungan keripik singkong pedas ini sebagai berikut:

1. Modal Awal

- Gerobak (booth) Rp1.500.000

- Peralatan dapur Rp1.000.000

- Alat pengiris ketela Rp500.000

Perkiraan Laba atau Rugi

Asumsi harga per porsi misalnya Rp5.500 dan telah terjual 30 porsi, maka total uang yang didapat sebesar Rp4.950.000.

3. Biaya-biaya yang Harus Rutin Dikeluarkan

- Penyusutan peralatan Rp62.500

- Bahan baku Rp2.000.000

- Listrik, air, dan gas Rp350.000

- Lain-lain Rp350.000

Jumlah total Rp2.752.500

Dengan asumsi tersebut, maka diketahui laba bersih yang di dapat sebesar Rp2.187.500, dan tidak sampai dua bulan modal akan kembali. Asumsi ini juga tidak melibatkan karyawan. Bila Anda memakai jasa karyawan, operasional bulanan ditambah dengan gaji karyawan sesuai kebijakan Anda.

Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : okezone