• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Hari Jumat Baca Surat Al Kahfi, Bisa Tangkal Fitnah Dajjal

Jumat, 11 Januari 2019 | 09:17 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Hari Jumat telah tiba. Bagi umat Islam, hari Jumat adalah hari yang istimewa dan memiliki banyak keutamaan. Dalam kalender Hijriah, hari Jumat itu sudah masuk ketika hari mulai berganti malam. Atau dalam kalender Masehi pada Kamis malam. Bukti Jumat adalah hari yang istimewa hingga disebut sebagai rajanya hari, Allah menetapkan kejadian-kejadian besar pada hari Jumat.

Klik Juga : Bahaya Mengintai Dibalik 'Makanan Sejuta Umat'

Selain itu, ada banyak amalan yang dikabarkan Rasulullah Muhammad SAW yang  berpahala besar. Satu di antara banyak amalan Sunnah Rasulullah Muhammad SAW, adalah membaca surat Al Kahfi. Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

Nah, setelah tahu dasar hukumnya, lalu kapan waktu membacanya? Sunnah membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat atau pada hari Jumatnya. Dan malam Jumat diawali sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jumatnya.

Apa saja keutamaan membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat? Dari beberapa riwayat di atas, bahwa ganjaran yang disiapkan bagi orang yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at atau pada siang harinya akan diberikan cahaya (disinari). Dan cahaya ini diberikan pada hari kiamat, yang memanjang dari bawah kedua telapak kakinya sampai ke langit. Dan hal ini menunjukkan panjangnya jarak cahaya yang diberikan kepadanya, sebagaimana firman Allah Ta’ala:

“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.” (QS. Al-Hadid: 12)

Selain itu, Surat Al-Kahfi menangkal Fitnah Dajjal. Nabi Muhammad SAW mengabarkan, membaca surat Al Kahfi adalah penangkal dari fitnah Dajjal. Yaitu dengan membaca dan menghafal beberapa ayat dari surat Al-Kahfi. Sebagian riwayat menerangkan sepuluh yang pertama, sebagian keterangan lagi sepuluh ayat terakhir. Imam Nawawi berkata, “Sebabnya, karena pada awal-awal surat al-Kahfi itu tedapat/ berisi keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah. Maka orang yang merenungkan tidak akan tertipu dengan fitnah Dajjal."

 

 

 

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Berbagai sumber