• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bangka Utara Terus Diperjuangkan, DPRD Babel Janji Bawa ke Paripurna

Jumat, 11 Januari 2019 | 10:23 WIB
Forkoda PP DOB Bangka Utara saat berdialog dengan DPRD Babel. Foto : ist
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Perjuangan masyarakat Belinyu, Riau dan Silip melalui Forum Komunikasi Daerah Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (Forkoda PP DOB) Bangka Utara, untuk menggelorakan pembentukan Kabupaten Kepulauan Bangka Utara terus dilakukan.

Klik Juga : Hari Jumat Baca Surat Al Kahfi, Bisa Tangkal Fitnah Dajjal

Ketua Forkoda PP DOB Bangka Utara Heru Kailani menyampaikan, selain penggalangan dukungan tanda tangan anggota DPR RI sudah tercapai 80?, ditambah lagi dukungan dari DPRD Babel. Dimana, DPRD Babel berjanji percepat perjuangan pembentukan Kabupaten Bangka Utara akan dibawa dalam paripurna bulan depan. "DPRD akan membawa ke dalam rapat paripurna bulan depan," kata dia Heru, Jumat (11/1). Selain itu, Heru menyampaikan, DPRD Babel sudah melakukan konsultasi ke Kemendagri RI terkait dengan rencana usulan Pemekaran Kabupaten Bangka Utara.

Heru menambahkan, bahwa perjuangan pembentukan Kabupaten Bangka Utara dapat diusulkan melalui bottom up ataupun top down berdasarkan kepentingan strategis nasional. "Saat ini Tim Forkoda telah mengumpulkan sebanyak 18 tandatangan dukungan DPR RI, agar Bangka Utara dapat diusulkan melalui hak inisiatif DPR RI," kata Heru. Selain itu, ia mengharapkan aspirasi masyarakat Bangka Utara untuk mandiri menjadi Daerah Otonomi Baru Kabupaten Bangka Utara, didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah dan DPRD provinsi dan kabupaten.

Kemudian, ia menjelaskan potensi daerah yang dimiliki Bangka Utara didukung letak geografi masuk wilayah ALKI I berbatasan dengan laut cina selatan dan wilayah strategis untuk pertahanan laut, Program TOL Laut, sumber daya baik (SDA/SDM) potensial, serta prospek pengembangan Bangka Utara. "Kami optimistis dapat dipastikan kedepannya Bangka Utara akan menjadi kabupaten terbaik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan akan menjadi penopang perekonomian masyarakat Provinsi Bangka Belitung," jelas Heru.

Klik Juga : Nilai Jual Dolar di Bank Tertinggi Rp14.200

Sementara, Ketua Komisi I DPRD Babel Adet menjelaskan, dari hasil konsultasi dengan Kemendagri secara aturan belum bisa melakukan pemekaran Bangka Utara dikarenakan salah satu persyaratan harus mempunyai 5 kecamatan dengan usia minimal 3 tahun. "Namun kita bisa minta dukungan secara politis, harus segera mempersiapkan persyaratan regulasi untuk pemetaan wilayah baik darat maupun laut dan perda pemekaran desa dan kecamatan, dan Pemkab Bangka segera mengajukan perda pemekaran desa dan kecamatan," tukas Adet.

Persiapan pemekaran desa dan kecamatan, ditanggapi langsung oleh Teddy Sudarsono selaku Asisten I Pemkab Bangka yang mewakili Bupati Bangka, mengatakan Pemkab Bangka sudah mempersiapkan berkas untuk usul Kabupaten Pemekaran Bangka utara. "Usul pemekaran tidak harus dimasukkan prolegda 2019 dan bisa melalui jalur khusus, dan Pemkab Bangka sudah mempersiapkan perda pemekaran desa dan pemekaran kecamatan, dan akan melakukan langkah-langkah sesuai aturan yang berlaku," kata Teddy saat itu.

Sementara, tokoh pejuang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Johan Murod, menambahkan bahwa pembentukan Kabupaten Kepulauan Bangka Utara perlu dukungan pihak eksekutif dan legislatif. "Memang terkendala secara aturan, namun mendapat dukungan politik DPR RI, dan harus ada pemetaan wilayah," kata Johan Murod. Kata Johan, targetnya tahun ini sebelum pemilu 2019 regulasi dan pembentukan Kabupaten Kepulauan Bangka Utara sudah terealisasi, karena sudah disiapkan oleh tim Forkoda PP DOB Bangka Utara.

"Apalagi Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya sudah berjanji mengagendakan usulan pembentukan Kabupaten Bangka Utara di rapat Paripurnakan pada bulan depan, dan itu menandakan seluruh elemen masyarakat  mendukung adanya kabupaten kepulauan Bangka Utara, sehingga tidak ada alasan bagi pemerintah pusat untuk tidak merealisasikan tuntutan masyarakat," pungkas Johan.

 

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com/rilis