• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Lanal Bangka Belitung Bersihkan Patung Trikora Sahabudin

Kamis, 10 Januari 2019 | 09:27 WIB
Anggota Lanal Babel membersihkan dan mengecat Patung Trikora Sahabudin. Foto ; ist
Loading...

 

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Prajurit TNI AL Babel membersihkan Patung Sahabudin yang ada di depan GOR Pangkalpinang, Rabu (9/1/2019). Pembersihan patung ini juga dalam rangka melaksanakan giat Hari Dharma Samudra.

Sejumlah prajurit TNI AL tampak bersemangat membersihkan patung yang tampak tak terurus. Icon pahlawan asal Babel ini juga terkesan tidak terawat lantaran terlihat dari rumput-rumput yang kian semakin tinggi.

Komandan Pos TNI AL Pangkal Balam,  Peltu Sudiro saat ditemui di lokasi Gor Sahabudin mengaku, sangat senang bisa mengenang sosok pahlawan Trikora asal Babel. "Sesama prajurit TNI AL sudah selayaknya kami mengenang dan menghargai jasa-jasa pahlawan seperti Sahabudin. Masih banyak warga Babel yang belum tahu siapa itu Sahabudin," kata dia.

Dikatakan Sudiro, dirinya berharap ada perhatian Pemerintah Daerah untuk lebih mengenang sosok pahlawan asal Babel. 

"Patung Sahabudin berikut replika kapal Macan Tutul sepertinya tidak terawat. Hendaknya Pemerintah lebih memperhatikan lebih dan jangan sampai tidak terawat seperti ini," ujarnya.

Hari Dharma Samudera yang diperingati setiap tanggal 15 Januari, merupakan suatu peristiwa yang tak bisa dipisahkan dari sejarah perjalanan TNI AL. Hari Dharma Samudera sendiri untuk memperingati peristiwa heroik yang terjadi di Laut Aru pada 15 Januari 1962, dimana pada saat itu telah terjadi pertempuran laut yang melibatkan tiga kapal cepat torpedo TNI Angkatan Laut.

Para pelaku sejarah dari Babel seperti Kelasi Satu Sahabudin merupakan putra daerah yang berjuang untuk kemerdekaan bisa menjadi tauladan bagi generasi muda di Bangka Belitung.

"KLS Sahabudin meninggal di Laut Aru pada tanggal 15 Januari 1962. Sebuah torpedo dari kapal perang Belanda menghantam lambung KRI Macan Tutul. Banyaknya keterkaitan antara TNI Angkatan Laut dengan sejarah Bangsa dan negara Indonesia, termasuk sejarah berdirinya Provinsi Bangka Belitung, semoga bisa menjadi momentum kebangkitan kejayaan Provinsi Babel di masa mendatang," kata Danlanal Babel Letkol Laut (P) Muhammad Taufik.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com