• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Disparpora Basel Dorong Enam Desa Buat Masterplan Pengembangan Pariwisata

Kamis, 10 Januari 2019 | 14:54 WIB
Kadisparpora Bangka Selatan Haris Setiawan (Devi/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Enam desa yang ada di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) saat ini telah didorong untuk membuat masterplan pengembangan potensi pariwisata sehingga rencana pengembangan dilakukan secara terintegrasi. 

Kepala Disparpora Basel, Haris Setiawan menuturkan enam desa yang telah didorong dan dikomunikasikan yakni Desa Bencah, Bedengung, Tukak dan Kepoh. Sedangkan Desa Rajik perwakilan yang diundang tidak datang. 

"Beberapa waktu lalu kami telah memanggil perwakilan dari desa yang memiliki potensi pariwisata guna membahas rencana pembuatan master plan pengembangan. Rencananya pembuatan masterplan tersebut akan dilakukan secara kolektif dengan menggandeng ahli dari salah satu universitas yang ada," ujarnya, Kamis (10/1).

Soal anggaran, lanjut dia rencananya setiap desa menganggarkan masterplan dengan menggunakan ADD sebesar Rp50 juta dengan difasilitasi oleh Disparpora Basel lantaran hal ini sangat penting. 

Dengan begitu, dalam membangun destinasi agar berjalan optimal dan efektif harus meminta ahli melihat potensi dan peluang yang dituangkan dalam perencanaan pariwisata yang matang.

"Jika ada dokumen perencanaan kami tidak begitu kesulitan untuk mengajukan bantuan anggaran karena embrio pariwisata sudah terbentuk. Namun tetap berkoodinasi dengan Dinsos dan Pemdes guna terciptanya sinergisitas dalam percepatan pengembangan destinasi pariwisata yang ada di desa," jelasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : Septi Artiana
Sumber : klikbabel.com