• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Penyerapan ADD Bangka Selatan Diperkirakan 80 Persen

Selasa, 08 Januari 2019 | 13:25 WIB
Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Basel Basahir (Devi/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Toboali - Penyerapan Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) pada tahun 2018 diprakirakan terserap hanya sekitar 80 persen dari total 50 desa yang ada, sehingga menyisakan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) sekitar 20 persen. 

Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Basel Basahir menerangkan, banyaknya SILPA itu dinilai lantaran pencairan dana dilaksankan dipenghujung tahun sehingga mengakibatkan ADD tidak terserap maksimal. 

"Rata-rata penyerapan ADD berkisar 80 persen. Hal tersebut disebabkan pencairan anggaran pada penghujung tahun. Kalau di desa kami sudah terserap sekitar 95 persen," kata pria yang juga menjabat sebagai Kades Gadung, Toboali ini kepada Klikbabel.com, Selasa (8/1).

Namun tambahnya, data tersebut belum dilihat secara keseluruhan. Pasalnya, laporan penyerapan ADD tahap 1, 2 dan 3 dari 50 desa baru sedikit dilaporkan Dinsos P3A dan PMD Basel di mana saat ini masih dalam proses.  "Mudah-mudahan minggu ini rampung seluruh laporan penyerapan ADD," tegas dia.



Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : Septi Artiana
Sumber : klikbabel.com