• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Penerimaan Pajak Daerah Basel Capai Rp48,6 M

Selasa, 08 Januari 2019 | 13:15 WIB
Kepala UPTD Samsat Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Yapiter (Devi/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Toboali - Kepala UPTD Samsat Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Yapiter mengungkapkan penerimaan pajak daerah sepanjang tahun 2018 melampaui target yakni sebesar Rp48,6 miliar.

 Pencapaian target pajak tersebut terdiri dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) R2, R4 dan alat berat sebesar Rp22,5 milIar dengan total denda PKB masing-masing total sebesar Rp1,34 miliar.

"Untuk pajak bea balik nama kendaraan bermotor atau BBN-KB diantaranya R2, R4 dan alat berat sebesar Rp24,4 miliar. Sedangkan untuk dendanya sebesar Rp79,2 juta. Terakhir pajak air permukaan sebesar Rp167,7 juta," tuturnya, Selasa (8/1).

Ia berharap melalui pendapatan pajak yang melebihi target tersebut dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah sehingga lebih baik lagi ditingkat kabupaten pada khususnya dan provinsi pada umumnya.

"Pak gubernur membuat kebijakan melakukan pemutihan kendaraan R2 dan R4 mulai dari tanggal 15 Desember 2018 sampai dengan 15 Juni 2019. Diharapkan dengan program pemutihan dapat mempermudah dan meringankan beban wajib pajak yang pajaknya selama ini tertunda pembayarannya," terang dia.

Lebih lanjut ia sampaikan, kebijakan adanya pemutihan ini diharapkan adanya kerjasama dari semua stakeholder, mulai dr RT, RW, Kaling, kades, lurah, camat, tokoh masyarakat, LSM dan pemuka desa untuk saling memberi informasi kepada masyarakat.

"Dengan begitu, keinginan masyarakat untuk membayar pajak melalui pemutihan ini terealisasi sesuai dengan keinginan masyarakat. Agar pemerintah provinsi kembali melakukan program kegiatan pemutihan pada tahun 2019 ini," jelasnya.



Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : Septi Artiana
Sumber : klikbabel.com