• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemda Bateng Diminta Fasilitasi Pembuatan Sertifikat Halal untuk UMKM

Selasa, 08 Januari 2019 | 09:12 WIB
Penggiat UMKM Getas di Kurau, Bangka Tengah. (Foto : Faisal/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Koba - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Apri Panzupi menekankan Pemda Bateng untuk mendukung segala bentuk kegiatan UMKM yang ada di Bateng, karena merupakan sumber pergerakan ekonomi yang potensial setelah tambang habis. 

"Peralihan pergerakan ekonomi dari tambang ke berdagang (UMKM) harus di support Pemkab, sebagian masyarakat sekarang sudah mulai meninggalkan ketergantungan mereka dari tambang. Contoh desa Kurau yang sekarang mulai jadi sentra kerupuk dan getas di Bangka Tengah," jelasnya.

Sambungnya, ide-ide kreativitas masyarakat untuk UMKM yang berkaitan dengan makanan perlu sentuhan dari Pemda atau dinas terkait.

"Dinas terkait dalam hal ini Disperindag perlu hadir langsung dalam menampung ide kreativitas serta problem dalam mengembangkan UMKM di masyarakat, salah satu contoh yakni mahalnya pembuatan sertifikasi halal yang bisa menyentuh 3-4 juta," sambungnya.

Ia menambahkan, besaran harga tersebut akan menjadi masalah untuk UMKM yang baru berkembang, sementara uang tersebut dapay untuk menjadi modal. "Untuk itu kami mendorong Pemda atau dinas terkait untuk hadir dalam memfasilitasi pembuatan sertifikat halal," ungkapnya.

"Dari 34 UMKM yang ada di desa Kurau baru 16 UMKM yang produknya punya sertifikat halal, maka dari itu saya mendorong dinas terkait dalam menfasilitasi pembuatan sertifikat halal bagi UMKM yang baru tumbuh atau terkendala biaya, agar usaha peralihan masyarakat dari tambang ke UMKM ini tidak tersendat," tandas Apri.

Loading...


Penulis  : Faisal
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com