• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ada Caleg Lolos CPNS, BKPSDM Bangka Barat Lalai?

Selasa, 08 Januari 2019 | 12:14 WIB
Kepala BKPSDM Kabupaten Bangka Barat, Heru Warsito
Loading...

Klikbabel.com, Muntok - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bangka Barat telah mengumumkan hasil peserta yang lolos tes CPNS 2018. Namun dari banyaknya peserta yang lolos, ada salah satu calon anggota legislatif yang berhasil lolos tes CPNS kemarin. Dia adalah Dr. Karslen Shitandhiwe Siregar, Caleg Dapil 1 dari Partai Perindo dengan nomor urut 1.

Klik Juga : Kabar Meninggalnya Ustaz Arifin Ilham Hoax!

Kepala BKPSDM Kabupaten Bangka Barat, Heru Warsito mengatakan tidak mengetahui bahwa ada caleg yang ikut tes CPNS karena terlalu fokus untuk penerimaan CPNS. Dirinya baru mengetahui bahwa ada caleg yang menjadi peserta CPNS pada saat terakhir. Dimana caleg tersebut mengupload surat keterangan Tidak Menjadi Anggota Parpol yang bermaterai 6000 pada tanggal 9 Oktober 2018.

"Mungkin karena sangking banyaknya jadi kita dipacu terus dimepet - mepet. Inilah konsekuensi apabila CPNS kalau di bulan Oktober, November itu sangat riskan, kalau tahun dulu kan Juli udah mulai dan bulan September udah selesai," kata Heru.

Heru mengakui dirinya tidak mencermati isi PP Nomor 11 Tahun 2017 Pasal 23 ayat 1 huruf e yang melarang pelamar CPNS menjadi anggota atau pengurus Partai Politik atau terlibat politik praktis, disebabkan dirinya lebih fokus ke penerimaan CPNS. "Artinya saya yang kurang mencermati hal itu," ujarnya.

Untuk itu, terkait masalah ini pihaknya sudah berkonsultasi dengan BKN. Jika memang caleg tersebut masih menjadi anggota parpol maka pihaknya akan menindak tegas hal ini. "Jadi begini, kami kemarin juga sudah sampaikan ke BKN menemui crisis center di BKN, secara prinsip bahwa disampaikan 'pak ini kami mau gugurkan' kemudian crisis center mengatakan 'loh hak setiap warga negara untuk mengikuti itu' karena didalam penerimaan pertama untuk mendaftar itu belum diperlukan surat keterangan bahwa dia belum anggota partai, nah nanti pada saat pemberkasan yang bersangkutan tidak bisa menunjukkan bahwa dia bukan anggota partai atau caleg maka sendirinya dia gugur, berarti salah satu persyaratan untuk kelengkapan CPNS dia nggak bisa jadi dia gugur," pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com