• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Prediksi Rupiah Hanya Melemah Hingga Rp14.400

Senin, 07 Januari 2019 | 06:37 WIB
Ilustrasi. Foto : net


Klikbabel.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) berhasil menguat cukup signifikan sepanjang pekan lalu. Rupiah menguat nyaris 2% terhadap greenback atau 1,9% ke posisi Rp 14.265 secara point to point.

Lantas, bagaimana pergerakan rupiah sepanjang pekan depan?

Kalangan analis saat berbincang dengan CNBC Indonesia memproyeksikan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS bisa menguat hingga Rp 14.100/US$. Adapun untuk level terlemah rupiah sepanjang pekan depan mencapai Rp 14.400/US$.

"Investor sepertinya dalam mode risk on ke mata uang emerging markets pada Januari ini," kata Kepala Ekonom BCA David Sumual.

David menjelaskan ada sejumlah faktor yang memicu penguatan rupiah. Pertama, dari data-data tenaga kerja kerja negeri Paman Sam. Penciptaan lapangan kerja sektor nonpertanian periode Desember diumumkan sebesar 312.000, atau di atas ekspektasi 179.000.

Kedua, adalah rencana pertemuan antara pemerintah AS dan China untuk merundingkan keberlanjutan damai dagang. Adapun yang ketiga, adalah faktor Januari Effect, di mana kondisi supply demand yang masih relatif terjaga.

"Inflow di Januari kemungkinan kuat di emerging markets, karena isu gencatan senjata [perdagangan] ini masih akan berlangsung sampai Maret. Jadi saya lihat, investor akan kembali ke emerging markets karena valuasinya makin murah," jelasnya.

Hal senada turut dikemukakan Ekonom Maybank Myrdal Gunarto. Menurutnya, penguatan rupiah sepanjang pekan ini didorong oleh derasnya aliran modal asing yang masuk ke pasar keuangan domestik.

"Selain itu, foreign inflows dari hasil lelang SUN pemerintah juga turut membawa dampak positif terhadap penguatan rupiah nantinya," tegasnya. 



Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : CNBC