• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Rupiah Kembali Jadi Raja Asia

Jumat, 04 Januari 2019 | 10:54 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...
 
Klikbabel.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat cukup signifikan di kurs acuan. Di pasar spot, rupiah juga perkasa di hadapan greenback. 
 
Pada Jumat (4/1/2019), kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor berada di Rp 14.350. Rupiah menguat 0,86% dibandingkan perdagangan kemarin. Tidak hanya menguat lumayan tajam, rupiah juga menyentuh posisi terkuat sejak 4 Desember 2018, atau sebulan terakhir. 
 
Selama 2019 yang belum genap berumur 4 hari, kinerja rupiah cukup memuaskan. Sejak awal tahun, rupiah menguat 0,9% terhadap dolar AS di kurs acuan. Namun selama setahun terakhir, rupiah masih melemah 6,5%. 
 
Sementara di pasar spot, performa rupiah lebih sangar lagi. Pada pukul 10:12 WIB, US$ 1 sama dengan Rp 14.275 di mana rupiah menguat 0,9% dibandingkan posisi penutupan pasar hari sebelumnya. 
 
Mengawali hari, rupiah sudah menguat 0,21%. Seiring perjalanan pasar, penguatan rupiah semakin beringas Rupiah kini kembali menjadi yang terbaik di Asia, setelah posisi itu sempat direnggut oleh baht Thailand. Dengan penguatan nyaris 1%, tidak ada mata uang lain yang sebaik rupiah di Benua Kuning. 
Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : CNBC