• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Anggaran Dana Desa Bangka Selatan Terserap 100 Persen

Kamis, 03 Januari 2019 | 11:29 WIB
Ilustrasi. Foto : net

 

Klikbabel.com, Toboali - Kabid Pemdes Dinsos P3A dan PMD Basel Verry Mukmin mengungkapkan, 50 desa yang ada di daerah ini telah melakukan kegiatan sesuai prosedur dan maksimal pada penyerapan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2018.

Hal itu dikatakan Verry lantaran pihaknya telah melakukan monitoring dan evaluasi data persentas penyerapan sampai dengan 27 Desember 2018 kemarin. Dimana telah terserap sebesar Rp 94,5 atau 100 persen, baik yang bersumber dari APBN maupun APBD.

"Sejauh ini tidak ada kendala dan semua sesuai prosedur, penyerapan ADD. Tentu sudah sesuai dengan RKPDes dan APBDes. Yang paling penting sesuai dengan tuntunan yakni Permendes Nomor 19 tahun 2017," sebutnya, Kamis (3/12) kepada wartawan.

Dia menuturkan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera menyurati seluruh desa untuk meminta laporan penyerapan. Paling lama, laporan penyerapan tahap I, II dan III dilaporkan pada pekan kedua dan ketiga bulan Januari 2019.

"Saat ini kami sedang mempersiapkan surat permintaan laporan itu. Untuk penggunaan ADD tahun ini, rencananya akan mengunakan acuan yang baru,  Permendes Nomor 40 Tahun 2018. Sedangkan fokus penggunaannya sesuai dengan intruksi Presiden," imbuhnya.

Untuk itu, lanjut dia pembangunan infrastruktur desa akan terus didorong sesuai dengan intruksi presiden yang akhirnya bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) masing-masing desa.



Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com