• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Defisit Keuangan Negara Capai Rp 109 Triliun

Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengungkapkan,defisit keuangan negara kekinian mencapai Rp 109 triliun.

Defisit keuangan tersebut seiring sejalan dengan angka utang negara yang hingga November 2018 mencapai Rp 5 ribu triliun.

Berdasarkan data tersebut, Sandiaga memperkirakan setiap anak yang lahir di Indonesia sudah menanggung utang sekitar Rp 13 juta.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga saat menghadiri acara Dialog Ekonomi Awal Tahun bersama UMKM dan Pengusaha se-Surabaya.

“Ekonomi Indonesia masuk dalam turbulensi defisit neraca terdalam sepanjang sejarah. Sampai November 2018, negeri ini defisit  Rp 109 triliun dengan utang mencapai Rp 5 ribu triliun. Dengan jumlah utang yang wow ini,  setiap anak yang lahir, sudah menanggung utang Rp 13 juta,” kata Sandiaga di Food Court Jalan Urip Sumohardjo , Selasa (1/1/2019).

Namun, Sandiaga tetap meyakini, pengusaha terutama level kecil serta menengah tetap memunyai harapan untuk hidup.

Ia mencontohkan, Jawa Timur menjadi daerah yang geliat perekonomiannya justru di atas rata-rata ekonomi nasional.

"Para pengusaha Jawa Timur harus optimistis. Juga UMKM-nya. Sudah saatnya kita meningkatkan jumlah pengusaha. Kita masih tertinggal di Asia Tenggara. Pengusaha di Indonesia hanya 3,1 persen dari jumlah populasi. Di Thailand pengusahanya 5 persen, Malaysia 6 persen,” ujarnya.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com