• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Penghujung Tahun DPRD Pangkalpinang Sahkan 4 Raperda

Senin, 31 Desember 2018 | 18:52 WIB
Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil saat menyampaikan Raperda yang diajukan oleh Pemkot Pangkalpinang. (Foto : Aditya/klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Tepat pada hari terakhir penghujung tahun, DPRD Kota Pangkalpinang kembali mengesahkan empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Ke empat Raperda tersebut adalah, Raperda tentang Keolahragaan, Raperda tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum, Raperda tentang Pencabutan Perda no 2 tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan Kota Pangkalpinang dan Raperda tentang Pencabutan Perda no 3 tahun 2005 tentang Denda Pemakaian Jalan Bukan untuk Keperluan Lalu Lintas Dalam Kota Pangkalpinang.

Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil mengatakan, Perda merupakan pelaksanaan peraturan perundangan yang lebih tinggi, dalam fungsinya, Perda tunduk pada asas peraturan dimana Perda tidak boleh bertentangan dengan peraturan hierarki yang lebih tinggi.

"Pengajuan Raperda keolahragaan ini berguna mengimplementasikan peraturan yang ada yaitu UU no 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional yang dibuat untuk mencapai tujuan pembangunan keolahragaan nasional serta tujuan pembangunan pemerintah di bidang keolahragaan," ujarnya, saat rapat paripurna ketiga belas masa persidangan I tahun 2018, Senin (31/12/2018)

Lanjutnya, untuk Raperda tentang Perusahaan Umum Air Minum, sejak diberlakukannya PP no 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah maka Perda yang lama sudah tidak sesuai lagi dengan peraturan yang ada.

"Untuk yang pencabutan Perda no 2 tahun 2008 tentang urusan pemerintahan Kota Pangkalpinang, hal ini didasari dengan diberlakukannya UU no 23 tahun 2014, dimana urusan pemerintahan terdiri atas urusan absolut, konkuren dan urusan pemerintahan umum. Dengan adanya pembagian itu maka Perda yang lama telah tidak sesuai dengan aturan yang ada," ungkapnya.

"Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras dari DPRD Kota Pangkalpinang, sehingga Raperda ini dapat disetujui menjadi Perda Kota Pangkalpinang. Segala bentuk masukkan akan menjadi perhatian bagi kami demi kemajuan Kota Pangkalpinang," tambahnya.



Penulis  : Aditya
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com