• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ini yang Terjadi pada Akun Medsos saat Kalian Meninggal

Senin, 31 Desember 2018 | 09:30 WIB
Ilustrasi. (Foto : net)
Loading...

Klikbabel.com,Jakarta - Pernahkah Anda bertanya, apa yang terjadi pada akun media sosial Anda setelah meninggal? Ketika seseorang meninggal di abad ke-21, warisan digital tertinggal karena beberapa akun media sosial tetap aktif.

Terkadang hal ini dapat mengganggu kesedihan teman dan kerabat karena fitur otomatis, seperti pembaruan ulang tahun, masih muncul di akun pengguna yang baru saja meninggal.

Menurut laporan pada tahun 2016, sekitar 8.000 pengguna Facebook meninggal setiap hari, setara dengan 428 setiapjam. Dalam sepuluh tahun pertama keberadaan Facebook, 30 juta pengguna meninggal dengan 312.500 sekarang dilaporkan meninggal setiap bulan.

Jika raksasa jejaring sosial berhenti tumbuh, lebih banyak pengguna akan mati daripada hidup pada 2065.

Meskipun Facebook memiliki langkah-langkah untuk profil yang sudah tidak aktif, beberapa situs media sosial besar akan membuat akun aktif lama setelah pengguna meninggal.

 

Twitter
Jika pengguna Twitter meninggal, perusahaan mengatakan akan bekerja dengan orang yang berwenang untuk bertindak atas nama anggota keluarga langsung terverifikasi, untuk menonaktifkan akun.

Dimungkinkan juga untuk meminta penghapusan akun pengguna yang sudah meninggal, tetapi mereka akan memerlukan salinan ID dari orang yang mengajukan permintaan dan salinan sertifikat kematian.

Tetapi Twitter dengan jelas menyatakan bahwa tidak akan memberikan akses ke akun pengguna yang telah meninggal terlepas dari hubungannya dengan pengguna.


Facebook

Situs jejaring sosial menambahkan pengaturan baru tahun lalu yang memberikan pengguna opsi untuk menghapus akun mereka secara permanen ketika mereka sudah wafat. Pengguna juga dapat memilih teman atau anggota keluarga untuk menjadi 'kontak lama' dan mengambil kendali atas beberapa aspek akun mereka setelah kematian mereka.

Kontak lama memosting pesan terakhir pada profil dan itu berubah menjadi peringatan di mana teman-teman dapat memosting pesan peringatan dan simpati. Konten yang tidak sesuai dapat dimoderasi oleh kontak lawas.

Kedua opsi tersedia tetapi Facebook membutuhkan bukti kematian sebelum ini dapat diaktifkan.

Untuk memilih kontak lama, pengguna harus mengakses pengaturan dan di bawah tab Keamanan, klik atau ketuk opsi "Kontak Lama" yang muncul di bagian bawah.

 

Instagram

Instagram mengabadikan akun seperti Facebook, tetapi akun itu tidak dapat diubah dan tidak ada yang bisa masuk ke profil.

Posting dari pengguna yang meninggal akan tetap dibagikan di situs dan dapat dilihat oleh orang-orang yang dibagikan dengan mereka, tetapi akun yang diabadikan tidak muncul di ruang publik seperti pencarian.

Instagram meminta teman dan kerabat menghubungi melalui email untuk memberi tahu mereka bahwa seorang pengguna telah meninggal. Situs berbagi gambar akan meminta bukti kematian.

 

Email

Gmail akan mengizinkan teman atau kerabat untuk meminta konten dari email orang yang sudah meninggal. Pengguna juga memiliki opsi untuk mengatur Manajer Akun Tidak Aktif, yang berbagi atau menghapus akun Anda setelah periode tidak aktif yang ditetapkan.

Begitu juga dengan Yahoo yang juga mengizinkan orang yang dicintai menutup akun asalkan mereka memiliki dokumentasi yang diperlukan.

Namun Apple bekerja sedikit berbeda karena akun iCloud dan iTunes "tidak dapat dipindahtangankan", artinya setiap hak atas informasi berakhir ketika pengguna meninggal.

Loading...


Penulis  : -
Editor    : Rangga
Sumber : Suara.com