• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tertibkan TI di Dum Jebol, Kapolsek Sungaiselan "Kuliahi" para Penambang

Jumat, 28 Desember 2018 | 11:53 WIB
Kapolsek Sungaiselan IPTU Mulya Sugiharto saat memberikan pengetahuan hukum kepada para penambang timah ilegal. (Foto : ist)

Klikbabel.com,Sungaiselan - Jajaran Polsek Sungaiselan melakukan penertiban tambang ilegal di Dum Jebol, jalan Desa Lampur - Munggu, Kecamatan Sungaiselan, Kamis (27/12/2018). 

Kegiatan penertiban tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Sungaiselan IPTU. Mulya Sugiharto, SIK dan Kanit Reskrim Polsek Sungaiselan IPDA. Adrian Batu Bara, STrK, serta juga didampingi oleh pihak dari Dinas Kehutanan Kabupaten Bangka Tengah.

Kapolsek Sungaiselan IPTU. Mulya Sugiharto, SIK atas seizin Kapolres Bangka Tengah AKBP. Edison L.B Sitanggang, SIK menjelaskan, kegiatan penertiban ini merupakan tahap imbauan kepada para penambang serta mensosialisasikan hukuman apabila melakukan penambangan secara ilegal. Dan apabila tidak di indahkan selama kurun waktu yang telah ditentukan, maka akan dilakukan tindakan tegas dan terukur.

"Kami lakukan penertiban dengan tahap awal yakni imbauan kamtibmas dan sosialisasi pidana agar para penambang paham tentang konsekuensi hukuman jika tetap melanggar," ujar Kapolsek.

Kapolsek yang didampingi polisi kehutanan tersebut mengatakan kepada para penambang untuk segera meninggalkan lokasi tambang, dan diberi waktu sampai Senin depan untuk pembongkaran ponton-ponton dan jika masih melanggar dan akan dilakukan tindakan tegas dan proses sesuai hukum.

"Ini merupakan tahapan awal sebelum dilakukannya upaya paksa atau proses hukum, maka itu kami memberi tenggat waktu untuk para penambang meninggalkan kawasan lokasi tambang yang dilarang, seandainya mereka mau menambang cari kawasan yang sudah ada dokumen izinnya yang sah dari pemerintah serta tidak merusak/menggangu sarana serta Infrastuktur pemerintah," tutupnya.



Penulis  : Faisal
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com