• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Penegakan Perda Sudah Berjalan, Tapi Fasilitas di Satpol PP Masih Minim

Kamis, 27 Desember 2018 | 14:05 WIB
Ketua Pansus V DPRD Pangkalpinang, Satria Mardika. (Foto : Aditya/klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - DPRD Kota Pangkalpinang melalui Panitia Khusus (Pansus) V menyebutkan bahwa penegakan Peraturan Daerah (Perda) di Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang sudah berjalan.

Ketua Pansus V, Satria Mardika mengatakan, walaupun dengan keterbatasan anggaran yang ada, pihaknya menilai Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sebagai penegak Perda ini memerlukan fasilitas yang memadai dalam penegakan Perda.

"Jadi melalui Sekretaris Daerah (Sekda) untuk lebih memperhatikan hal-hal ini, karena tanpa didukung anggaran yang cukup proses penegakan Perda tidak akan berjalan," ucapnya, Kamis (27/12/2018).

Lanjutnya, saat ini DPRD Kota Pangkalpinang menggelar rapat Pansus V membahas Raperda Kota Pangkalpinang tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, yang merupakan muara dari seluruh Perda yang ada di Kota Pangkalpinang.

"Perda yang sedang kita bahas ini adalah Perda sapu jagad yang nantinya akan mengatur dan memberikan payung hukum dalam pemberian sangsi dalam penegakan seluruh Perda di Kota Pangkalpinang tapi harus didampingi dengan anggaran yang cukup," ungkapnya.

"Sekarang kita sama lihat, sarana dan prasarana yang ada di Satpol PP sangat minim, bagaimana mau kerja maksimal kalau kondisi sarana tidak memadai. Jangan sampai Perda ini menjadi seperti Perda yang lainnya jadi seremonial saja dan tidak ada pengimplementasian," tambahnya.

Ia menambahkan, kendala dalam penegakan Perda ini memerlukan inisiatif dan koordinasi dengan seluruh OPD yang ada di Kota Pangkalpinang, karena katanya, Perda yang ada di setiap OPD sebagai bidang penindakannya hanya ada di Satpol PP.

"Sinergitas harus ditingkatkan, karena tidak mungkin disetiap OPD harus setiap hari di awasi oleh Pol PP, makanya perlu sinergitas agar semuanya berjalan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku," ungkapnya.



Penulis  : Aditya
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com