• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kini Listrik Gunung Menumbing Sudah Menyala

Kamis, 27 Desember 2018 | 20:35 WIB
Peresmian listrik Gunung Menumbing. Foto ; Ira/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Muntok - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat meresmikan jaringan dan instalasi listrik di Gunung Menumbing. Peresmian ini dihadiri langsung Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah dan Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, Kamis ( 27/12/2018 ) sore.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat Suwito mengatakan, pemasangan jaringan dan instalasi listrik ini memakan biaya sebesar Rp 5 Milyar dikerjakan oleh PT. Duta Sinar Abadi Semarang yang didanai oleh Provinsi Bangka Belitung. Realisasi pemasangan jaringan listrik di Gunung Menumbing ini sudah dari 4 tahun yang lalu.

"Alhamdulillah sejarah panjang dari tahun 2014 - 2018 akhirnya tahun ini dilaksanakan dengan maksimal, kalau realisasinya dibawah Rp 5 milyar itu kemarin sudah di uji melalui genset. Kemudian diuji beberapa kali dengan beban Desember lalu sudah menyala total sampai sekarang baru pelaksanaannya 10 hari setelah menyalanya listrik menumbing," jelas Suwito.

Suwito melanjutkan listrik dari PLN ini mempunyai kekuatan 20 KV dan diameter kabel sebesar 120 mm. "Kabel tersebut tertanam dibawah tanah dan dimaksimalkan dengan jembatan kabel karena memang tidak memungkinkan lagi untuk di gali karena batu, tapi itu tidak banyak," ujarnya.

Dirinya menyebutkan bahwa lokasi diatas seluruh bangunan gunung menumbing listriknya sudah menyala. "Penerangan Jalan Umum ( PJU ) diatas kemudian di pos 1 lalu seluruh bangunan yang ada di sana dan juga PJU yang ada di bawah listriknya juga sudah menyala," sebutnya.

Dikatakan Suwito, pengerjaan pemasangan jaringan dan instalasi listrik ini tentunya tidak terlepas dari kerjasama semua pihak mulai dari GM Manager Listrik Area Babel, Bangka, Rayon Muntok, Dinas SDM Provinsi Babel, Tim TP4D dan Pelaksana serta PT. Ekstrana Kabel yang merupakan pensuplai kabel SKTM jaringan menengah.

Loading...


Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com