• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ini Jawaban PN Sungailiat terkait Aksi Damai Warga Mabat

Kamis, 27 Desember 2018 | 19:10 WIB
Aksi warga Mabat di PN Sungailiat. Foto ; Rama/klikbabel.com

Klikbabel.com, Sungailiat - Aksi damai dilakukan masyarakat Desa Mabat, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka yang menuntut keadilan atas dihilangkannya hak masyarakat desa tersebut atas kebun plasma seluas 279,65 Hektar dari PT Tata Hamparan Eka Persada (THEP) di Pengadilan Negeri (PN).

Warga sendiri menganggap putusan PN Sungailiat, Pengadilan Tinggi (PT) Babel dan Mahkamah Agung (MA) yang menyatakan hak penguasaan kebun sawit 279,65 hektare di Desa Mabat Bakam Bangka menjadi hak PT THEP, tidak adil, karena secara tidak langsung warga merasa hak mereka telah direbut.

Warga Mabat bersama beberapa organisasi tersebut tidak terima dengan putusan perkara dan memastikan akan melawan putusan PN Sungailiat, PT Babel hingga MA prihal rencana eksekusi kebun sawit plasma 279,65 hektare yang dinyatakan sebagai milik pihak Perusahaan. ''Kami tidak dapat menerima putusan itu. Putusan itu sama sekali tidak memihak kepada para petani, kepada masyarakat Desa kami,'' ucap Jalil salah satu orator Aksi Damai, Kamis (27/12/2018).

Sementara itu, Humas PN Sungailiat, Beny Yoga menerima perwakilan warga yang datang dengan alasan meminta keadilan tersebut. Namun, Beny mengatakan, belum dapat memberikan tindak lanjut terhadap aksi damai yang dilakukan masyarakat Desa Mabat ini. Ia melanjutkan, untuk saat ini, dirinya hanya bisa menampung aspirasi warga ini, dan akan segera melaporkan kepada Ketua PN Sungailiat.

''Kita belum bisa ambil keputusan. Tapi aspirasi masyarakat hari ini tetap kita tampung dan akan kita sampaikan kepada ketua,''jelasnya. Menurut Beny, Ketua PN Sungailiat, saat ini memang tidak berada ditempat dengan alasan cuti, sehingga dirinya hanya dapat menerima aspirasi masyarakat, dan nantinya akan disampaikan kepada Ketua PN Sungailiat, Sarah Louis.

''Beliau (Ketua) sedang cuti, tapi beliau tahu tentang aksi damai ini. Sebenarnya kami baru dapat informasi tentang aksi damai ini baru kemarin, sedangkan beliau sudah cuti dari sebelum natal tadi,''tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com