• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Hutan Mangkol Ditetapkan sebagai Kawasan Suaka Alam dan Pelestarian

Kamis, 27 Desember 2018 | 16:43 WIB
Ketua Komisi III DPRD Bangka Tengah, Batianus. (Foto : ist)

Klikbabel.com,Koba - Ditetapkannnya kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Mangkol di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) sebagai kawasan suaka alam dan kawasan pelestarian alam oleh Menteri Lingkungan Hidup, diharapakan dapat memberi manfaat kepada masyarakat sekitar. 

Klik juga : Biar Nggak Nyesel, Ini Tips Belanja Pakaian Secara Online

Hal ini diutarakan oleh Ketua Komisi III DPRD Bateng, Batianus. "Tahura bukit mangkol bisa memberi manfaat kepada masyarakat, baik masyarakat Bangka Tengah maupun masyarakat Pangkalpinang, khususnya masyarakat di sekeliling tahura bukit Mangkol. Karena Tahura ini berguna untuk pencegah banjir di Bateng maupun Kota Pangkalpinang," jelas Batianus kepada wartawan, Kamis (27/12/2018).

Dirinya menjelaskan, kawasan Tahura bukit Mangkol ini telah dianalisis dan dibagikan per blok, yakni blok perlindungan, pemanfaatan, blok tradisional, blok rehabilitasi, dan blok koleksi yang luasnya total 6.009,51 hektar. "Kan sebelumnya bukit Mangkol merupakan hutan konservasi, sekarang berubah fungsi, jadi sekarang untuk berkebun dibatasi tanaman tertentu,"jelasnya.

Batianus mengharapkan, masyarakat yang berada di wilayah Tahura ini dapat diberdayakan untuk bekerja didalam blok-blok sehingga yang dapat memberi penghasilan dan menyerap tenaga kerja. "Saya berharap keberadaan Tahura itu dapat memberdayakan masyarakat sekitar sehingga memberi manfaat dan penghasilan kepada masyarakat, tandas Batianus.



Penulis  : Faisal
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com