• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemkab Panggil Ketua RT se-Kabupaten Bangka, Terkait BPNT

Rabu, 26 Desember 2018 | 13:55 WIB
FKRT saat Musyawarah bersama BRI. (Foto : Ramandha/klilbabel.com)

Klikbabel.com,Sungailiat - Bupati Bangka, Mulkan, dan para Ketua Rukun Tetangga (RT) se-Kabupaten Bangka, menggelar musyawarah penyaluran Dana Bantuan Sosial (Bansos) Bantuan Sosial Pangan Non Tunai (BPNT) bersama Bank BRI Cabang Sungailiat, Rabu (26/12/2018) di OR Bina Praja, Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bangka.

Bupati Bangka dalam paparannya menyampaikan, penyaluran BPNT sendiri, beriringan dengan keinginannya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kabupaten Bangka.

Disalurkannya bantuan sosial melalui transaksi non tunai sendiri, menurutnya, demi memberikan keamanan, dan ketepatan sasaran bagi masyarakat yang berhak menerima bantuan. ''Ini upaya pemerintah, dalam meningkatkan kesejahteraan dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat miskin. Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI (Republik Indonesia) meluncurkan program bantuan sosial pangan yang terdiri dari Beras Sejahtera (Rastra) dan bantuan pangan non tunai BPNT,''jelasnya.

Ia melanjutkan, hingga bulan Oktober 2018 untuk Kabupaten Bangka sendiri masih mendapatkan Bansos Rastra, dimana setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapatkan 10 kg beras. 

Akan tetapi, pada November Desember 2018 ini, dikatakan Mulkan, sudah bertransformasi menuju BPNT yaitu setiap KPM mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu combo yang didalamnya terdapat nominal saldo sejumlah Rp. 110.000,- untuk membeli beras dan telur. ''Di Kabupaten Bangka telah ada 11 e-warung untuk 8 Kecamatan dan telah melaksanakan pengambilan beras dan telur dari bulan November hingga Desember 2018 oleh para KPM,''tegas Mulkan.

Sementara itu, Pimpinan Cabang BRI Sungailiat, Ahmad Muflihin, dalam sambutannya mengatakan, berharap kedepannya, kerjasama antara pihaknya dan Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospemdes) Kabupaten Bangka dapat berjalan dengan baik. 

BRI Cabang Sungailiat, lanjut Ahmad, bertindak sebagai penyalur dan penyedia Kartu KKS yang akan digunakan oleh masyarakat. Ahmad juga mengharapkan, musyawarah yang digelar hari ini dapat bermanfaat, terutama dalam menyosialisasikan program BPNT kepada para KPM.

"Setidaknya seluruh pihak terkait penyaluran dihadirkan di sini. Seperti para Ketua RT yang nantinya dapat menjelaskan kepada masyarakat prihal BPNT ini,''pungkasnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com