• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


GPK Mabat Siap Turun ke Jalan, Tuntut Hak Masyarakat kepada PT THEP

Rabu, 26 Desember 2018 | 06:50 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Sungailiat - Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Perjuangan Kebun (GPK) Plasma Masyarakat Mabat, akan menggelar aksi turun ke jalan besok, Kamis (27/11). GPK menyikapi telah dihilangkannya hak mereka atas kebun plasma seluas 279,65 hektar oleh PT THEP sebagai perusahaan perkebunan.

Asnawi, Koordinator GPK Plasma Mabat mengatakan, hak masyarakat atas kebun plasma seluas 279,65 hektar sebagaimana yang dijanjikan PT THEP hilang. ''Melalui penyelundupan hukum dan mengebiri rasa keadilan yang sejatinya adalah tujuan hukum itu sendiri. Maka dengan ini kami yang tergabung dalam Gerakan Perjuangan Kebun Plasma Masyarakat Mabat akan menyampaikan pendapat di muka umum,"jelasnya, Rabu (26/12/2018).

Kegiatan penyampaian pendapat dalam aksi damai tersebut, dikatakan Asmawi, juga akan didukung KPKS Meranti Plasma, Laskar Merah Putih, Pemuda Abdi Bangsa, Gerakan Pelajar Islam Indonesia, AMAK Babel, Persatuan Mahasiswa Hukum Indonesia dan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Babel dan elemen masyarakat lainnya, yang peduli akan nasib masyarakat Desa Mabat tersebut.

Ia melanjutkan, aksi damai tersebut dimulai pukul 9 pagi besok, dan akan melewati Kantor Bupati Bangka, DPRD Bangka, Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat. ''Titik kumpul di Masjid Agung Sungailiat. Estimasi massa sendiri ada 1500 orang. Kita menuntut kembalikan hak masyarakat Mabat atas kebun plasma,''tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com