• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


IPC Melaporkan Harga Lada Turun Rp 51.500 per Kilogram

Senin, 24 Desember 2018 | 10:31 WIB
Ilustrasi kebun lada. (Foto : dok klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - International Pepper Comunity kembali merilis perkembangan harga lada dunia, 22 Desember lalu. Berdasarkan rilis yang diterima klikbabel.com, penurunan harga sedang terjadi di beberapa negara, seperti Vietnam, China, India termasuk Indonesia.

Klik juga : BNPB : Korban Tsunami Selat Sunda 281 Tewas, 1.016 Luka-luka

Lada putih, yang menjadi komoditas utama di Provinsi Bangka Belitung (Babel) tercatat oleh IPC menurun ke angka Rp51.500 per kilogram. "Harga lada di tingkat petani menunjukkan respons beragam," tulis IPC dalam laporannya.
 
Penurunan harga di tingkat petani turun tidak hanya di Indonesia saja, khususnya di Babel. "Penurunan juga terjadi pada lada putih di tingkat petani di Cina dan Indonesia," 

Namun, dalam beberapa waktu terakhir harga spot lada Muntok yang dikenal dengan Muntok White Pepper diungkapkan IPC justru mengalami kestabilan dibandingkan harga spot Amerika. "Harga spot lada putih Muntok dilaporkan sebagai satu-satunya dengan harga yang sama dengan minggu sebelumnya. Harga spot AS dari asal lain mencatat penurunan antara 2% - 4%," tutupnya.

Loading...


Penulis  : Ira
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com / IPC