• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Dua Orang di Bangka Barat Meninggal Karena DBD

Kamis, 20 Desember 2018 | 17:54 WIB
Nyamuk malaria.

Klikbabel.com, Muntok - Kepala Dinas Kesehatan Bangka Barat, Drg. Achmad Syaifudin mengatakan penyakit Demam Berdarah (DBD) yang terjadi di Kabupaten Bangka Barat meningkat dua kali lipat dari tahun lalu. Bahkan kasus DBD ini sudah menyebabkan dua orang di Kecamatan Muntok yang meninggal dunia.

Hal ini menyebabkan kasus DBD di tahun 2018 di Bangka Barat menjadikan persoalan yang luar biasa dan menjadikan Kabupaten Bangka Barat sebagai kabupaten dengan kasus DBD tertinggi di tahun ini.

"Memang selama ini setelah ada kasus meninggal dunia baru kita lakukan Penyelidikan Epidemiologi, baru kita lakukan foging, sebenarnya foging ini bukan untuk memecahkan masalah, tapi untuk mengatasi penyebaran penyakit ini lebih cepat, sasarannya adalah nyamuk dewasa," katanya, Kamis (20/12).

Ahmad melanjutkan salah satu hal yang menjadi penyebab dalam peningkatan kasus DBD ini disebabkan oleh faktor cuaca yang akhir-akhir ini susah diprediksi. Namun hal tersebut tidak bisa dijadikan alasan.

"Lemahnya kewaspadaan dalam mendeteksi dini kasus DBD merupakan penyebab utama. Surveilans kita belum berfungsi optimal, oleh karena itu ke depan kita coba untuk membandingkan deteksi kasus ini dengan tahun-tahun sebelumnya, agar pola perkembangan penyakit DBD ini bisa kita atasi, mulai dari pemantauan jentik dan berbagai peran serta masyarakat dalam kewaspadaan DBD ini," lanjut Ahmad.

Dengan adanya permasalahan tersebut, dirinya menjelaskan perlunya dilaksanakan penanggulangan 3M yaitu mengubur, menguras dan menutup. "Pelaksanaan penanggulangan 3M ini tentunya dilakukan agar perkembangan nyamuk Aedes Aegypti tidak terlampau banyak," ujarnya. Untuk itu, Ahmad menambahkan peran masyarakat dalam pemantauan Jumantik sangat penting guna mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti.

"Pemantauan Jumantik ini harus ada di setiap kelurahan dan rumah, kalau ini berjalan InshaAllah persoalan DBD di Bangka Barat ini terselesaikan," Tambahnya.



Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com