• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Lima Fraksi Setuju Perda TBC dan Jamkesda Terintegritas

Rabu, 19 Desember 2018 | 19:24 WIB
Wakil Bupati Basel Riza Herdavid dan Ketua DPRD Basel Sipioni nampak berjabat tangan usai rapat Paripurna. Foto ; Devi Dwi/klikbabel.com

Klikbabel.com, Toboali - DPRD Bangka Selatan (Basel) menggelar Paripurna dalam acara pengambilan keputusan terhadap 2 Raperda tentang Pencegahan dan Pengendalian Tuberkulosis (TBC) dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Terintegritas.

Wakil Bupati Basel Riza Herdavid terpantau menyampaikan pendapat akhir bupati dalam rapat yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Basel pada Rabu (19/12) tersebut. Dijelaskannya, Raperda tentang TBC merupakan pedoman bagi pemda dan pihak terkait dalam pencegahan dan pengendalian TBC.

"Pencegahan dan pengendalian TBC ini secara efektif, efisiensi, komprehensif dan berkesinambungan menuju eliminasi TBC 2030," ujar Riza.

"Sementara untuk Raperda tentang Jamkesda terintegritas sebagai upaya dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu. Untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat," imbuhnya.

Sementara, Wakil Ketua Pansus DPRD Basel Rusliadi menambahkan penanggulangan TBC merupakan bagian dari pelaksanaan pembangunan kesehatan. Hal tersebut dilakukan guna melindungi masyarakat dari penularan TBC serta mengurangi dampak sosial, budaya dan ekonomi akibat penyakit TBC.

"Pansus telah melakukan pembahasan bersama dengan eksekutif, mengenai penyusunan Raperda ini dalam rangka penyempurnaan. Juga dilakukan konsultasi dan kunker. Demikian laporan ini kami sampaikan, atas nama seluruh Pansus mengucapkan terimakasih kepada pimpinan dan segenap anggota dewan serta hadirin sekalian," paparnya.

Diketahui, Fraksi Kebangkitan Nurani Nasionalis, Fraksi Demokrat Bersatu, Fraksi Demokrasi Indonesia Perjuangan, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Gerindra Amanat Sejahtera menyetujui Raperda tentang Pencegahan dan Pengendalian Tuberkulosis (TBC) dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Terintegritas.



Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com