• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


KPU Usulkan 14 Tema Debat Capres

Rabu, 19 Desember 2018 | 14:14 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum atau KPU mengusulkan 14 tema dalam debat pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden di Pilpres 2019.

Ketua KPU, Arief Budiman mengatakan usulan itu akan dibahas dalam rapat persiapan debat pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Pemilu Tahun 2019 yang digelar hari ini. Arief mengatakan KPU telah mengusulkan 14 tema debat capres dan cawapres kepada perwakilan Tim Kampanye peserta Pilpres 2019. S

elain itu, kata Arief masing-masing dari mereka juga diperkenankan mengusulkan tema debat nantinya. "Kemarin KPU sudah mengusulkan 14 tema, tapi kan masing-masing bisa juga mengusulkan tema-tema," kata Arief di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/12/2018).

Ke-14 tema yang telah diusulkan KPU ke masing-masing Tim Kampanye paslon merupakan tema-tema yang relevan dengan situasi dan kondisi bangsa ini. Tema tersebut kata Arief di antaranya menyangkut persoalan ekonomi, sosial, budaya, politik, hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), lingkungan hidup, serta pendidikan. "Ekonomi, sosial, budaya, politik, hukum, HAM, lingkungan hidup, pendidikan, dan sebagainya," tutur Arief.

Selain itu, Arief mengungkapkan dalam rapat persiapan debat capres dan cawapres juga akan membahas terkait penetapan lokasi debat, panelis, dan moderator. Sebelumnya, kata Arief KPU sendiri telah menawarkan lima sesi debat capres-cawapres, yaitu 17 Januari 2019, 17 Februari 2019, 17 Maret 2019, 30 Maret 2019, dan 13 April 2019. Sedangkan terkait dengan lokasi debat, KPU mengusulkan di dua lokasi, yakni Jakarta dan Surabaya.

"Jadi empat kali di Jakarta, satu kali di Surabaya. Tapi kan Minggu yang lalu kedua-duanya (tim kampanye paslon) menginginkan di Jakarta semua. Makanya kita akan putuskan hari ini," imbuhnya.

"Saya berharap hari ini juga kita bisa putuskan setidaknya untuk debat pertama. Karena direncanakan debat KPU akan diselenggarakan tanggal 17 Januari 2019," tutupnya.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com