• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Salurkan Junjung Hidup untuk Petani Bateng

Senin, 17 Desember 2018 | 15:17 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah akan menyalurkan bantuan junjung hidup kepada petani lada untuk meningkatkan produksi komoditas unggulan itu. "Tahun depan kami akan ajukan anggaran pengadaan junjung hidup ke DPRD, kalau disetujui maka kami akan salurkan junjung tersebut kepada petani lada dalam rangka meningkatkan produksi," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, Senin (17/12).

Ia menjelaskan petani lada yang menggunakan junjung hidup lebih mampu meningkatkan produksi dibanding junjung mati dan dari biaya operasional juga lebih ringan sehingga petani lebih sejahtera. "Petani lada Vietnam sudah menerapkan itu, ternyata produksi mereka jauh lebih tinggi dibanding petani lada di daerah ini yaitu mencapai 12 kilogram per batang, sementara petani kita hanya rata-rata 0,65 kilogram per batang," katanya.

Harga lada di Vietnam, kata dia juga jauh lebih murah dibanding lada Bangka yaitu Rp36 ribu per kilogram sementara lada Bangka mencapai Rp58 ribu per kilogram. "Namun petani Vietnam lebih sejahtera, karena mereka mampu berproduksi mencapai belasan kilo per batang sehingga harga tidak berpengaruh bagi mereka karena produksinya sangat banyak," katanya.

Pola demikian, kata dia, sangat pantas ditiru jika petani di daerah itu ingin sejahtera dan pemerintah akan mendorongnya dengan memberikan stimulan yaitu bantuan junjung lada hidup.

Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : Antaranews