• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Gelar Pasar Murah Demi Tekan Inflasi

Senin, 17 Desember 2018 | 18:25 WIB
Pasar murah yang digelar di halaman Kantor Camat Muntok. Foto ; Ira/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Muntok - Pemerintah Provinsi Bangka Belitung menggelar pasar murah selama satu hari di halaman Kantor Camat Muntok. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat.

Berbagai macam bahan pokok seperti beras, minyak goreng, tepung terigu, gula, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan lain - lain dijual dengan harga lebih murah dibandingkan harga pasaran. Minyak goreng fortune ukuran 1 liter Rp 9.500, Minyak goreng Sovia ukuran 1 liter Rp 10ribu, Minyak goreng Sovia ukuran 2 liter Rp 20ribu, Gula PSM ukuran 1 Kilogram Rp 11.500, Tepung Terigu Tulip ukuran ukuran 1 Kilogram Rp 7ribu, Beras fortune ukuran 5 Kilogram Rp 56.500, Beras Sania ukuran 5 Kilogram Rp 57ribu, Beras premium Fortune ukuran 10 Kilogram Rp 113ribu, Beras Premium Sania ukuran 10 kilogram Rp 113.500. Sedangkan untuk harga bawang merah, bawang putih dan lainnya dijual dengan harga Rp 10ribu per bungkusnya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat, Muhammad Zakaria mengatakan tujuan diadakannya pasar murah ini adalah untuk menjaga kestabilan harga menjelang hari raya natal dan tahun baru. Selain mencegah harga agar tidak terlalu tinggi, Zakaria menjelaskan pasar murah ini diadakan guna mengatasi inflasi daerah.

"Kegiatan dari provinsi ini tujuannya adalah untuk mengatasi jangan sampai nanti harga pasaran sembako itu terlalu melonjak menjelang Natal dan tahun baru, tujuannya juga pada akhirnya adalah untuk mengatasi inflasi daerah, diharapkan inflasi kecil sehingga daya beli masyarakat makin kuat," Jelasnya kepada klikbabel.com, Senin (17/12/2018).

Untuk itu, Zakaria berharap dengan adanya pasar murah ini setidaknya dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah.

"Mudah - mudahan kalau misalnya ada gejolak lagi segala macam kami tetap minta bantuan dengan pihak provinsi untuk mengatasinya jadi tidak bisa kita sendiri. Selain itu untuk melihat komoditas apa yang naik itu terlalu tinggi kita ada monitornya jadi kita monitor terus harga pasar ini jangan sampai harga melonjaknya terlalu jauh. Jadi kita pantau terus dari hari senin sampai hari kamis kita pantau," pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com