• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tujuh Fitur Anyar Ini Siap Hadir di WhatsApp

Minggu, 16 Desember 2018 | 14:48 WIB
Ilustrasi. (Foto : net)
Loading...

Klikbabel.com,Jakarta - WhatsApp tampaknya sibuk menguji berbagai fitur barunya jelang penutup tahun 2018. Beberapa hal memang mungkin sudah tersedia di aplikasi lain, tapi aplikasi pesan satu ini tetap tidak mau ketinggalan.

Buat Anda yang tidak sabar, dikutip dari suara.com (Jaringan klikbabel.com) Minggu (16/12/2018), salah satu cara terbaiknya adalah mendaftar ke WhatsApp Beta. Ini memberi Anda akses awal ke beberapa fitur terbaru yang masih diuji. Meski harus diakui, Anda mungkin melihat beberapa bug dan mengalami kendala. Berikut adalah beberapa fitur baru yang akan segera hadir di WhatsApp.


1. Pesan Suara Berurutan
Anda akan segera dapat menggunakan WhatsApp yang secara otomatis antre dan memutar pesan suara satu demi satu. Fitur ini sebenarnya sudah terlihat pertama di iOS, dan diyakini akan hadir di platform Android. Ini mungkin datang dalam pembaruan aplikasi tambahan di beberapa titik.

2. Mode gelap
Sama seperti setiap platform teknologi lainnya di luar sana, WhatsApp berencana menghadirkan mode gelap agar melihat di malam hari dengan lebih nyaman. Situs web WABetaInfo, yang mengkhususkan diri dalam mengungkap fitur WhatsApp mendatang, mengatakan mode gelap saat ini sedang dalam pengembangan.

Mungkin kedengarannya tidak berguna, tetapi diklaim fungsi ini dapat menghemat masa pakai baterai di perangkat Anda. Semua fitur ini adalah mengubah jendela dari putih menjadi hitam. Facebook juga akan memperkenalkan mode gelapnya sendiri ke Facebook Messenger.

3. Picture-in-Picture
Salah satu yang paling diantisipasi adalah pilihan mengirim video YouTube atau Facebook dalam sebuah pesan daripada hanya sebuah tautan. Mode gambar-dalam-gambar yang disebut akan menampilkan kotak video tanpa meninggalkan aplikasi WhatsApp utama. Fitur ini belum tersedia secara umum, tetapi Anda bisa mendapatkannya jika bersedia mendaftar di program beta WhatsApp.

4. Pintasan panggilan grup
Jika Anda ingin memulai panggilan grup, saat ini Anda harus memulai percakapan dengan satu orang dan kemudian menambahkan orang lain ke obrolan. Itu akan berubah seiring waktu, saat WhatsApp berencana menambahkan tombol pintasan yang memungkinkan Anda memulai panggilan grup dari awal.

Anda akan dapat memilih sebelumnya kontak yang ingin diajak ngobrol dan kemudian mengirimkan panggilan secara bersamaan. Ini akan menjadi penghemat waktu yang besar di masa depan.

5. Pratinjau media
Fitur lain yang cukup sederhana, namun bermanfaat adalah opsi pratinjau media yang akan muncul di baki notifikasi. Ini berarti jika seseorang mengirimi Anda gambar atau GIF, Anda tidak perlu masuk ke aplikasi untuk melihatnya. 
Anda cukup geser panel notifikasi dari atas untuk melihat apa yang telah dikirim. Saat ini, ini sepertinya baru terbatas pada platform iOS. Ada kemungkinan besar perangkat akan datang ke perangkat Android tepat waktu, tetapi itu tertunda karena sistem operasi digunakan oleh lebih banyak perangkat dengan spesifikasi dan jenis layar yang berbeda.

6. Kode QR
Menurut laporan, WhatsApp akan segera mulai mengenali kode QR, sebagai cara untuk berbagi nomor secara cepat dengan orang lain. Fitur ini sudah digunakan di aplikasi web WhatsApp, yang memungkinkan Anda menggunakan layanan perpesanan di komputer desktop.

Untuk alasan keamanan, pengguna juga akan dapat mencabut kode QR untuk menghentikannya dibagikan atau menyebar tanpa persetujuan mereka. WABetaInfo menulis, "Saat Anda ingin menambahkan kontak baru di WhatsApp, Anda dapat memilih untuk menambahkannya menggunakan Kode QR WhatsApp, jika Anda memilikinya. Saat kode QR terdeteksi, WhatsApp akan secara otomatis mengisi semua bidang dan kontak akan ditambahkan di buku alamat Anda."

7. Iklan status
Tidak semua pembaruan WhatsApp selalu merupakan hal yang baik. Pembaruan lain yang disediakan untuk layanan ini disebut ‘status ads’, yang akan muncul di antara pembaruan status.

Tab Status secara efektif adalah versi Snapchat Story tempat pengguna dapat memosting video, gambar atau GIF yang hilang setelah 24 jam. Facebook mengatakan bahwa 450 juta basis pengguna WhatsApp saat ini menggunakan halaman Status. Iklan akan muncul di fitur status aplikasi mulai tahun 2019, menurut pendiri Brian Acton, yang mengatakan itu adalah salah satu alasan dia meninggalkan perusahaan.

Dalam wawancara dengan Forbes awal tahun ini, Acton mengatakan: "Iklan bertarget adalah apa yang membuat saya tidak bahagia."

Loading...


Penulis  : -
Editor    : Rangga
Sumber : suara.com