• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Sebelum Gunakan Rompi Oranye, Ini Yang Dikatakan Sekda Basel Suwandi Ihwal Kasus Tipikor Mamin

Kamis, 13 Desember 2018 | 17:28 WIB
Sekda Basel Suwandi. Foto : Devi Dwi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Sekretaris Daerah Bangka Selatan (Basel), Suwandi nampak tetap tenang saat berada di Kantor Kejari Basel guna memenuhi panggilan sebagai tersangka sebelum dilakukan penahanan, Kamis (13/12).

 

"Bukan itu jawabannya (status tersangka korupsi). Ini akan proses hukum, masalah makan minum, korupsi. Kami ditetapkan sebagai tersangka," ujar Suwandi, sebelum dilakukan penahanan kepada wartawan. Suwandi menuturkan, dirinya beserta dua pejabat Pemkab Basel lainnya akan menyampaikan kemana larinya anggaran untuk kerugian negara sekitar Rp 1,6 miliar tersebut.

"Belum tahu (larinya kemana), nanti pengadilan keputusan. Dengan status tersangka nanti pengadilan yang memutuskan," lanjut dia sembari meninggalkan awak media. Kejari Basel resmi melakukan penahanan terhadap ketiga pejabat di lingkungan Pemkab Basel yang sebelumnya telah ditetapkan tersangka dalam kasus tindak pidan korupsi (Tipikor), Kamis (13/12) sekira pukul 14.00 WIB.

Adalah Sekda Basel Suwandi, Kabag Umum Endang Kristinawati dan Bendahara Pengeluaran Setda Yusuf yang terlibat dalam markup pelaksanaan belanja makan dan minum (mamin) pada kegiatan penguatan fungsi kesekretariatan dan administrasi perkantoran.

Serta anggaran fasilitasi kelancaran pelaksanaan tugas Bupati dan Wakil Bupati sehingga mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 1.683.570.735. Mereka kemudian dilakukan penahanan di LP Tuatunu untuk tersangka Sekda dan Bendahara dan LP Perempuan Kelas III Pangkalpinang menggunakan rompi oranye dari Kejari Basel selama 20 hari kedepan.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com