• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Konsultasi Penanggulangan HIV/Aids, Pansus Sambangi P2PML Kemenkes

Pansus DPRD Babel saat menyambangi Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan RI. Foto : Ist
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Pansus DPRD Bangka Belitung melakukan rapat koordinasi dan konsultasi tentang penanggulangan HIV/Aids dan penyakit infeksi menular ke Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan RI, belum lama ini. Ketua Pansus Marsidi Satar menjelaskan, DPRD Babel menginginkan adanya sumber daya manusia yang tidak putus dan terhindar dari narkoba. "Terlebih HIV/Aids," kata dia, Kamis (13/12).

Menurut Marsidi, dalam pertemuan itu pihaknya diterima Kasubdit HIV AIDS dan PIMS, dr. Endang Budi Astuti bersama pejabat terkait lainnya. Marsidi sampaikan bahwa HIV AIDS harus kita cegah sejak dini, terutama terhadap ibu hamil dan pasangan yang akan menikah. Marsidi juga menjelaskan, dalam pertemuan itu pihaknya mendapat saran di untuk mencantumkan pencegahan terkait penyakit syphilis dan hepatitis B di dalam peraturan daerah. "Sehingga tidak hanya konsen pada HIV/Aids saja. Melainkan juga penyakit seperti syphilis dan hepatitis B," tambahnya.

Sementara, Kasubdit HIV AIDS dan PIMS, dr. Endang Budi Astuti menjelaskan, strategi program HIV/Aids yaitu STOP (Suluh, Temukan, Obati dan Pertahankan). Menurut dia, hingga Juni 2018, Babel sudah ada 68 tempat layanan untuk test HIV/Aids yang tersebar di seluruh kabupaten/kota. "Dan untuk pasien yang terkena HIV (+) sebanyak 1.177 berdasarkan data yang dimiliki oleh Kementerian Kesehatan," kata dia. Rapat konsultasi ini juga didampingi oleh perwakilan dari Bidang Pengelola Pemberantasan Penyakit Menular Langsung, Dinas Kesehatan Provinsi Babel, Ahmad Imran S.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com