• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Gaharu Bangka Tengah Akan Dipasarkan ke Arab Saudi

Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh
Loading...

Klikbabel.com, Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah akan memasarkan Gaharu yang potensial di Koba ke negara Arab Saudi. Hal ini sebagai komitmen Pemkab Bateng untuk membantu masyarakat. Bupati Bateng Ibnu Saleh mengatakan, Gaharu merupakan produk unggulan daerah. Sehingga, Pemkab berkomitmen untuk terus memperkenalkan dan memasarkan hal tersebut ke berbagai daerah.

Menurutnya, pemerintah daerah sudah menjajaki pasar gaharu di Arab Saudi dengan menggelar pameran produk unggulan dan ternyata gaharu daerah itu sangat diminati. "Gaharu petani daerah ini sangat diminati, terutama produk turunannya di antaranya minyak gaharu dengan harga jauh lebih tinggi dibanding harga pasar dalam negeri," ujarnya. Ibnu mengatakan, dari beberapa produk unggulan yang digelar di Arab Saudi ternyata produk gaharu sangat laku terjual dengan harga empat kali lipat dibanding harga dalam negeri.

"Ini jelas pasar potensial, tinggal lagi para petani daerah kita harus benar-benar siap baik jumlah produksi maupun dalam menjaga kualitas gaharu terutama gaharu budi daya," ujarnya. Bupati menyarankan para petani tidak hanya menyediakan lahan khusus untuk tanaman gaharu tetapi juga melakukan penanaman sela atau menanam gaharu disela tanaman lainnya. "Ini tujuannya untuk memperbanyak produksi dan meningkatkan luas tanaman gaharu di daerah ini," ujarnya.

Gaharu adalah kayu berwarna kehitaman dan mengandung resin khas yang dihasilkan oleh sejumlah spesies pohon dari marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Resin ini digunakan dalam industri wangi-wangian (parfum dan setanggi) karena berbau harum. Gaharu sejak awal era modern (2000 tahun yang lalu) telah menjadi komoditi perdagangan dari Kepulauan Nusantara ke India, Persia, Jazirah Arab, serta Afrika Timur.

Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com