• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Geopark Belitong Bakal Dinilai Tim UNESCO

Rabu, 12 Desember 2018 | 18:38 WIB
Eksotisme Pulau Belitung. Foto ; net

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Geopark Belitong akan dinilai tim assessor United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Penilaian tersebut menjadi penentu layak tidaknya Geopark Belitong diangkat sebagai Geopark Global.

Perwakilan Badan Pengelola Geopark Nasional Pulau Belitung Dyah Ekowati mengatakan, Belitung merupakan tempat ditemukan batu Satam. Namun sementara ini belum diketahui, tepatnya di daerah mana pertama sekali batu tersebut ditemukan. Namun keberadaan batu ini telah diakui dari generasi ke generasi sebagai benda berharga. Ia menambahkan, terdata sebanyak 17 geosite ada di Belitung. Tidak semua geosite dinilai, sebab ada sekitar tujuh hingga delapan geosite saja yang diperlihatkan. "Setiap geosite diberikan QR code sebagai sarana informasi," kata Dyah Ekowati saat paparan Laporan Perkembangan Geopark Belitong, Penyiapan UNESCO Assesment Menuju UNESCO GLOBAL Geopark, Rabu (12/12/2018).

Kegiatan yang digelar di Ruang Tanjung Pesona Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung ini juga sebagai wadah penyampaian hasil identifikasi awal perangkat daerah untuk dapat membantu fasilitasi infrastruktur pengembangan Geopark.

Menurut Dyah Ekowati, infrastruktur juga akan mendapatkan penilaian dari asessesor UNESCO. Pasalnya infrastruktur sangat dibutuhkan untuk mendukung jika terjadi peningkatan jumlah wisatawan setelah ditetapkan sebagai Geopark Global. Berbagai sarana informasi terkait Geopark telah disediakan, seperti membuat brosur untuk disebarkan di sejumlah hotel di Bangka Belitung. Selain itu disarankan ada pelajaran muatan lokal di sekolah dan edukasi menghidupkan geopark dengan adanya penelitian.

"Tujuan UNESCO membuat Geopark supaya budaya lama yang baik dikenal masyarakat sekarang. Selain itu, meminimalisir dan menghindari kerusakan geosite yang ada di Belitung," ungkapnya. Feri Insani Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, infrastruktur akan dibantu. Pembangunan infrastruktur sesuai  kewenangan, seperti jalan yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi, tentunya akan dibangun.

"Belitung akan lebih dikenal dengan adanya geopark. Selanjutnya lebih baik membuat website, terutama untuk tata ruang terkait geopark tersebut," ungkap Feri.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com