• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tiga Pejabat Basel Jadi Tersangka, Wakil Ketua DPRD Minta Pengawasan Internal Ditingkatkan

Senin, 10 Desember 2018 | 20:43 WIB
Wakil Ketua DPRD Basel Samsul Bahri. Foto ; Devi Dwi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Tiga orang pejabat di lingkungan Pemkab Basel saat ini telah ditetapkan tersangka oleh Kejari lantaran terlibat dalam perkara mark up dan menyebabkan kerugian negara sekitar Rp 1,6 miliar. Salah satu pejabat itu Sekda Basel, Suwandi.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua II DPRD Basel Samsul Bahri mengungkapkan, pemerintah daerah diharapkan kedepan lebih meningkatkan pengawasan internal yang dianggap kurang pada Inspektorat Daerah (ITDA). "Kalau ini kan menyangkut kinerja pemerintah daerah secara global. Dalam kinerja pemerintah ini memang kita harapkan bekerja sesuai dengan aturan yang telah ada," kata dia, Senin (10/12) saat dikonfirmasi Klikbabel.com.

Politisi Gerindra tersebut menegaskan, inspektorat selaku badan pengawas daerah (bawasda) diminta bekerja secara maksimal dalam melaksanakan audit-audit di internal sehingga tidak terjadi penyimpangan dan temuan.

"Pemerintah daerah juga yang memiliki kewenangan harus memikirkan tunjangan kinerja mereka (auditor) dalam melaksanakan audit di internal. Sehingga resiko terjadinya penyimpangan dapat diminimalisir dan tidak berlanjut ke proses hukum. Tapi silahkan hukum tetap berjalan," sebutnya.

Dengan persoalan tersebut, lanjut Samsul, DPRD Basel juga akan lebih ekstra memperbaiki fungsi dan pengawasan sehingga kedepannya tidak lagi terjadi tindakan penyimpangan di lingkungan pemerintah daerah Junjung Besaoh.

"Yang nama kejadian ini, terlepas disengaja atau tidak ini sudah terjadi, cuma kita ambil hikmahnya. Diharapkan kedepan kita saling mengoreksi, baik pemkab dan dewan. Sekda juga harus lebih memahami, semua lah pokoknya," demikian disampaikan Samsul Bahri.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com