• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ini Perda Inisiatif DPRD Bangka yang Diusulkan

Senin, 10 Desember 2018 | 19:51 WIB
Paripurna pengusulan Raperda DPRD Bangka. Foto ; Rama/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Dua Raperda inisiatif diusulkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka, Senin (10/12/2018) di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Bangka.

Raperda tersebut berupa Raperda Penyelenggaraan Jalan Umum dan Jalan Khusus serta Raperda Pengelolaan Dana Bergulir. Parulian Napitupulu, Ketua DPRD Bangka dalam paparannya mengatakan, Raperda tentang Penyelenggaraan Jalan Umum dan Jalan Khusus sendiri dimaksudkan untuk mengatur jalan yang digunakan bagi kendaraan angkutan khusus seperti kendaraan pengangkut hasil tambang, perkebunan dan lain-lain.

''Raperda Penyelenggaraan Jalan Umum dan Jalan Khusus diharap, dapat menjaga keamanan, ketertiban lingkungan serta dapat meningkatkan dan mendorong pembangunan di Kabupaten Bangka,''jelasnya.

Sedangkan Raperda Pengelolaan Dana Bergulir dikatakan Parulian, diusulkan pihaknya dalam upaya menjawab kebutuhan pemerintah dalam pengelolaan dana bergulir di Kabupaten Bangka, untuk mengembangkan ekonomi kreatif, Usaha Kecil Mikro (UKM). 

Untuk itu diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Sepintu Sedulang. "Raperda ini merupakan inisiatif angota dewan untuk memperkaya dan mengefektifkan tata kelola Kabupaten Bangka,"ungkapnya.

Perwakilan Badan Pembentukan Peraturan Daerah, Suparman, kesempatan itu juga menjelaskan dalam Raperda Penyelenggaraan Jalan Umum dan Jalan Khusus ini nantinya dilakukan pembahasan secara swakelola oleh Universitas Bangka Belitung (UBB). 

Suparman juga menyampaikan, Raperda jalan tersebut untuk menjawab tantangan permasalahan jalan, pengelolaan jalan yang aman dan nyaman untuk peningkatan ekonomi. "Upaya peningkatan ekonomi sosial masyarakat. Saat ini banyak perkebunan besar dan pertambangan besar berpotensi merusak jalan,''tuturnya. 

Sementara itu, Perwakilan Komisi 2 DPRD Bangka, Imelda, selaku penggagas Raperda Pengelolaan Dana Bergulir, mengatakan, Raperda itu, juga akan dilakukan swakelola bersama UBB. Hal ini dikarenakan, Raperda Dana Bergulir sejauh ini dinilai belum tepat penggunaannya.

"Raperda ini juga akan memuat ketentuan, maksud tujuan, karakteristik, pengelolaan dan sumber dana hingga tata cara pencairan dana bergulir,'' tegasnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com