• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Olahan Ikan PKK Bangka Curi Perhatian Nasional

Sabtu, 08 Desember 2018 | 12:31 WIB
Tim PKK Bangka

Klikbabel.com, Jakarta - Makanan khas Bangka yang dimiliki Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bangka, yakni Kudapan Tulang Ikan Gabus (Kutuga) berhasil memikat hati para juri di tingkat nasional sehingga diberi anugrah harapan I dan II. 

Hal tersebut disampaikan Ketua tim PKK Bangka Yusmiati Mulkan, Sabtu (8/12/2018). Ia mengatakan, jika olahan ikan gabus atau yang diberi nama Kutuga tersebut, berhasil mewakili Kabupaten Bangka di tingkat Provinsi Bangka Belitung setelah menyisihkan kabupaten/kota lainnya.

''Alhamdulillah tidak sia-sia hasil perjuangan para ibu-ibu Kabupaten Bangka mempersiapkan olahan serba dari ikan gabus ini, bisa meraih juara harapan satu dan dua di tingkat nasional dengan kategori makanan kudapan khusus balita yang diberi nama Kutuga,''jelasnya.

Kutuga yang terbuat dari kombinasi tepung brownis dan tulang ikan gabus yang sudah diolah sehingga menghasilkan kue brownis ini, mempunyai cita rasa manis pandan, sehingga bisa disajikan dan aman untuk dikonsumsi oleh balita. Ia melanjutkan, hasil olahan, karya ibu-ibu Mendo Barat binaan PKK Kabupaten Bangka ini sendiri, terinspirasi karena kayanya kandungan omega 3 pada daging maupun tulang ikan gabus. Selain itu, ikan gabus ini juga banyak dijumpai di perairan air tawar, wilayah Kabupaten Bangka.

''Kandungan ini, sangat dibutuhkan tubuh manusia khusususnya anak-anak pada masa pertumbuhan tulang dan tubuh,''ungkapnya.

Sementara itu, kandungan zat dalam ikan gabus dikatakan Yusmiati, sangat bermanfaat bagi otak dan regenerasi sel otot dan jaringan tubuh pasca operasi. PKK Kabupaten Bangka, juga mempunyai kudapan lain. Diantaranya Si Lemak manis asam bergo, ubi ungu yang diolah dan disajikan bersama kuah santan kuning yang sangat menggoda bernama 'Berbingu' yang meraih juara harapan II tingkat nasional.

''Kita juga berharap, semoga akan ada lagi kreasi cantik dan menarik penganan khas Bangka yang bertengger dijajaran tingkat nasional,'' tuturnya. Bagi yang penasaran dan ingin berbagi resep untuk olahan Kutuga tersebut, dapat mengunjungi PKK Bangka di jalan A.Yani Sungailiat.

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com