• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kejari Bangka Tahan 2 Tersangka Korupsi Pipa Merawang

Jumat, 07 Desember 2018 | 14:01 WIB
Penahanan tersangka Pipa Merawang

Klikbabel.com, Sungailiat - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka menahan 2 orang tersangka kasus dugaan korupsi pipa jaringan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Merawang. Kedua tersangka yang ditahan pada Kamis (6/12) kemarin sore, sekitar pukul 16.00 WIB yaitu, Abdurroni dan Mulyanto. Keduanya ditahan setelah dilakukan penahanan 2 tersangka lain sebelumnya, yakni M. Riffani dan Yuda Suara alias Aloi beberapa waktu lalu.

Klik Juga : Siapa Artis yang Ngamar dengan Suami Wali Kota Cantik Airin?

Kepala Kejari Bangka, R. Jefry Huwea mengatakan, dugaan korupsi proyek pipa ditahun 2016 yang dilakukan Kejari Bangka ini, sebelumnya untuk penyelidikan dan penyidikan dilakukan Kejaksaan Tinggi Babel. "Iya, penahan tersangka pipa di Merawang sudah saya tanda tangani,''jelasnya, Jumat (7/12/2018). Selain itu, Andre, Kasi Intel Kejari Bangka, juga ikut membenarkan informasi tentang penahanan kedua tersangka tersebut. Menurutnya, perkara tersebut sendiri penuntutannya oleh Kejari Bangka, dan penyidik di Kejati Babel yang melakukan penyelidikan. "Penyidikan di Kejati Babel. Sedangkan untuk jaksa penuntutnya di Kejari,''ungkapnya.

Penyidik Kejati Babel, sebelumnya sudah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orang saksi, prihal perkara proyek. Proyek yang diduga telah merugikan negara tersebut dikerjakan PT Rian Makmur Jaya dengan pagu anggaran Rp 4,7 miliar. Dalam kegiatan tersebut terjadi pengalihan pengerjaan yang semula rehab pipa, akan tetapi dialihkan ke pembangunan intek sebesar Rp 1,2 miliar. Tersangka pun dijerat dengan Pasal 2 UU Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jo Pasal 55 KUHP, subsider Pasal 3 Undang-Undang Tipikor Jo Pasal 55 KUHP. ''Akibat perbuatan para tersangka, diduga kerugian negara mencapai Rp 2,9 miliar,''ucapnya.

Sementara itu, kegiatan rehab pipa transmisi Kolong Merawang yang menggunakan dana sebesar Rp 4.761.000.000 tersebut merupakan proyek Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat SDA Wilayah Sumatera VII.  PT Rian Makmur Jaya menjadi pemenang tender kegiatan tersebut, namun pengerjaan proyek dilakukan oleh tersangka Yuda Suara dari PT Bangka Utama, yang selama ini dikenal sebagai pemegang proyek pipa di Bangka.

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com