• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemkab Basel Diberi Waktu Satu Minggu untuk Tertibkan Pukat Trawl dan Lainnya

Kamis, 06 Desember 2018 | 19:50 WIB
Joni Zuhri, Ketua Kelompok Nelayan Batu Perahu. Foto : Devi Dwi/klikbabel.com

Klikbabel.com, Toboali - Koordinator aksi unjuk rasa di Kantor Bupati Basel, Joni Zuhri mengatakan, pihaknya memiliki empat tuntutan kepada pihak pemerintah daerah dan aparat keamanan agar segera diindahkan dan mengambil kebijakan tegas, Kamis (6/12).

"Ada empat tuntutan. Pertama aktivitas pukat trawl segera dimusnahkan, tambang apung, kapal compreng (kapal cumi) segera diusir jauh-jauh dan dihentikan aktivitas pertambangan pasir kuarsa di pesisir yang telah merugikan kami di wilayah perairan Toboali," ujarnya.

"Kami tidak mau tau, harus segera di tertibkan. Mau itu legal kami tetap menolak, apalagi ilegal. Kami beri waktu tenggang satu minggu, kalau tidak mendapat respon yang tidak begitu nyata kami akan lakukan aksi berikutnya," tegas Ketua Nelayan Batu Perahu tersebut.

Joni mempertanyakan, apakah sebuah rekomendasi bukanlah dari sebuah kewenangan. Ini ia katakan karena pemerintah daerah selalu beralasan kewenangan dari pertambangan dan kelautan ada di pemerintah provinsi. "Kalau kabupaten mengatakan tidak memiliki kewenangan terhadap laut dan tambang, itu bukan alasan. Kami lihat jelas di kantor camat, ada aturan pertambangan beroperasi harus mendapat rekomendasi terlebih dahulu," tandasnya.

loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com