• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kejari Muntok Kembalikan Rp 1,1 Miliar ke Kas Negara

Kamis, 06 Desember 2018 | 17:25 WIB
Kajari Muntok bersama unsur muspida Bangka Barat. Foto ; Ira/klikbabel.com

Klikbabel.com, Muntok - Kejaksaan Negeri Bangka Barat telah mengembalikan Rp 1.194.222.306 ke dalam kas negara. Pengembalian dana ini atas penindakan pada tahun 2018 dari pidana korupsi yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap di Kejaksaan Negeri Bangka Barat.

Hal ini terungkap saat peringatan Hari Anti Korupsi Internasional yang jatuh pada tanggal 09 Desember 2018 mendatang. Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Barat, Dr. Neva Sari Susanti mengatakan, peringatan Hari Anti Korupsi ini di Kejari Babar memiliki Tema "Melangkah Pasti, Cegah dan Berantas Korupsi."

Kegiatan diisi berbagai acara. Yaitu Stand Up Comedy antar SMA, Karikatur antar SMP dan Karya Tulis bagi para Guru tingkat SMA. Menurut Kajari Babar, korupsi sebagai tindakan penyalahgunaan kekuasaan yang melawan hukum sebetulnya tidak hanya membahayakan individu ataupun organisasi saja, namun dapat merugikan negara, melanggar hak asasi manusia mengancam stabilitas dan keamanan masyarakat, melemahkan institusi, merusak nilai nilai demokrasi dan keadilan, membahayakan pembangunan berkelanjutan, mengakibatkan ekonomi biaya tinggi, menyebabkan inefisiensi dan pemborosan dalam ekonomi. Lanjut dikatakan Neva, penyelenggaraan rangkaian acara ini tentu saja memiliki makna strategis dalam rangka menyosialisasikan gerakan anti korupsi di berbagai daerah, karena sadar atau tidak otonomi daerah dan desentralisasi di satu sisi memberikan penguatan kewenangan kepada pemerintah daerah dalam melaksanakan fungsi otonomi pemerintahan.

"Mengingat pentingnya peran Kejaksaan RI sebagai lembaga penegak hukum untuk berperan mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan nasional di pusat maupun didaerah melalui pengawasan dan pengamanan baik dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan maupun pemanfaatan hasil pembangunan termasuk dalam upaya mencegah timbulnya penyimpangan dan kerugian negara," jelasnya.

loading...
loading...


Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com