• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ini Alasan Sulitnya Mutakhirkan Data Pemilih Disabilitas Mental

Kamis, 06 Desember 2018 | 20:12 WIB
Rapat sinkronisasi data pemilih oleh KPU Bangka. Foto : Rama/klikbabel.com

Klikbabel.com, Sungailiat - Demi kelancaran dan suksesnya Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif serta Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) yang akan berlangsung pada April mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka terus melakukan pendataan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Anggota KPU Bangka, Divisi Perencanaan dan Data Informasi, Cepenk Susanti mengatakan, pendataan daftar pemilih terus dilakukan pihaknya hingga saat ini, termasuk dengan mendata masyarakat penyandang Disabilitas mental (Tunagrahita), khususnya yang ada di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sungailiat.

Santi mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak RSJ termasuk dengan para dokter kejiwaan terkait pemilih penyandang tunagrahita ini. ''Sampai sekarang, terakhir kita data, ada sejumlah 89 data pemilih yang tunagrahita ini. Dan jumlah itu bisa saja bertambah,''jelasnya, Kamis (6/12/2018) usai rapat sinkronisasi data KPU Bangka.

Ia melanjutkan, untuk pendataan jumlah disabilitas tunagrahita sendiri terbilang cukup menjadi fokus dari pihaknya, terutama terdapat beberapa kriteria yang harus diperhatikan. Maka dari itu, Komisioner KPU Bangka ini juga terus berkoordinasi dengan RSJ maupun dokter kejiwaan terkait hal tersebut.

''Kenapa kita harus terus lakukan koordinasi? Karena mereka hari ini disabilitas mental, kemudian besok atau sebulan kemudian kan bisa saja sembuh atau sehat. Belum lagi kalau ada yang baru masuk,''ungkapnya. Untuk itu, pendataan jumlah penyandang difabel mental sendiri menjadi salah satu fokus KPU Bangka, disamping para penyandang disabilitas lainnya, seperti tuna netra, tuna rungu, tuna wicara dan lain-lain, yang berhak menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2019 mendatang.

''Akan terus kita lakukan pendataan hingga menjelang hari H pemilu nanti. Untuk jumlah penyandang disabilitas secara keseluruhan di Kabupaten Bangka sendiri, sebanyak 534 orang,''tutupnya.

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com