• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pastikan Minggu Depan Dana Desa Rp 27 Miliar Cair

Rabu, 05 Desember 2018 | 19:31 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Toboali - Alokasi Dana Desa (ADD) tahap II tahun anggaran 2018 yang dikabarkan belum dicairkan, dipastikan akan tersalurkan ke 50 desa se Kabupaten Bangka Selatan (Basel) pada awal pekan kedua Desember 2018 secara serentak.

Kepala Bakuda Basel Agus Pratomo melalui Sekretaris Badan Riswandi menuturkan, saat ini pihaknya sedang melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas untuk proses penyaluran. "Penyaluran ADD tahap dua akan segera disalurkan ke rekening desa masing-masing, paling lambat Senin depan. Sebab kelengkapan berkas yang diajukan kepada Bakuda memang baru diajukan pada 3 Desember 2018 kemarin," ujar Riswandi, Rabu (5/12).

Disebutkan Riswandi, total ADD tahap II yang akan disalurkan ke 50 desa se Basel pada awal pekan depan diangka Rp 27 miliar yang berasal dari dana perimbangan pemerintah pusat pengalokasiannya sebesar 10 persen. Memang terdapat perbedaan besaran ADD yang diterima desa tatkala dilakukan pencairan dan terkait aturannya telah tertuang didalam Perbup Nomor 25 tahun 2017 tentang ADD.

"Anggaran (ADD) itu ada, tidak mungkin kosong. Apabila pemda tidak mengalokasikan 10 persen untuk desa dari dana perimbangan yang diterima pusat ini akan tertunda penyalurannya ke daerah," paparnya.

"Pencairan tahap dua harus melalui persyaratan, penyampaian silpa tahap satu, minimal penyerapan 50 persen, verifikasi, lalu diterbitkan SP2D. Kalau persyaratan terpenuhi, paling lambat dua hari akan disalurkan setelah SPM diajukan ke Bakuda," tambahnya.

Menurut Riswandi, pihaknya tidak dapat memberikan keterangan proses pencairan keterlambatannya ada dimana. Namun, jika ingin cepat dicairkan desa harus cepat menyerap anggaran yang telah diterima pada tahap I serta memverifikasi laporan penyerapan.

"Tapi kalu sudah pengajuan, masih lambat pencairan baru bisa dipertanyakan di Bakuda. Kami tidak bisa mencairkan SP2D tanpa tagihan, sesuai permintaan dari satker (Dinsos PPPA dan PMD). Mereka memverifikasi, lalu didukung dengan kelengkapan dokumen yang sah," tukasnya. Sementara, Kepala Dinsos PPPA dan PMD Basel Beni Supratama mengatakan, proses pencairan ADD tahap II masih dalam tahapan proses yang telah dilakukan oleh Bakuda Basel. "On proses, berkas pengajuan telah di Bakuda semua," tandasnya.

loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com