• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ditemukan! Koin Emas dari Perang Salib 900 Tahun Lalu

Rabu, 05 Desember 2018 | 14:15 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Israel - Satu set koin emas langka dan anting-anting emas telah ditemukan di Isreal utara. Mereka ditemukan di pelabuhan Mediterania kuno Caesarea, diperkirakan berusia sekitar 900 tahun. Diyakini harta ini ditinggalkan saat Perang Salib di abad pertengahan dan tidak pernah ditemukan sampai sekarang. Otoritas Kepurbakalaan Israel mengumumkan penemuan itu dari sebuah pot perunggu kecil yang berisi 24 koin emas dan anting-anting.

Menurut pihak otoritas setempat, harta itu ditemukan antara dua batu di sisi sumur di sebuah rumah di lingkungan yang berumur sekitar 900 tahun, selama periode Abbasiyah dan Fatimiyah. Para direktur penggalian, Peter Gendelman dan Mohammed Hatar IAA, mengatakan koin-koin dalam cache tanggal sampai akhir abad ke-11. "Penemuan ini memungkinkan untuk menghubungkan harta karun itu dengan penaklukan Tentara Salib kota pada tahun 1101, salah satu peristiwa paling dramatis dalam sejarah abad pertengahan kota itu," kata IAA.

Menurut sumber kontemporer tertulis, sebagian besar penduduk Kaisarea dibantai oleh tentara Baldwin I (1100-1118), raja Kerajaan Tentara Salib Yerusalem. "Masuk akal untuk mengasumsikan bahwa pemilik harta karun dan keluarganya tewas dalam pembantaian atau dijual ke perbudakan, dan karena itu tidak dapat mengambil emas mereka," tambahnya.

Ahli koin IAA Robert Kool mengatakan bahawa satu atau dua koin emas ini setara dengan gaji tahunan seorang petani sederhana, sehingga tampaknya siapa pun yang menyimpan cache paling tidak baik dilakukan atau terlibat dalam perdagangan. Caesarea adalah dibangun pada abad pertama SM oleh Raja Herodes pada saat Yudea merupakan bagian dari kekaisaran Romawi.

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com

Topik