• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Dana Desa Basel Belum Cair, Gaji Ketua RT Tersendat

Rabu, 05 Desember 2018 | 12:58 WIB
Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Basel, Basahir

Klikbabel.com, Toboali - Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Basel, Basahir membenarkan informasi perihal Alokasi Dana Desa (ADD) tahap II tahun anggaran 2018 yang belum dicairkan untuk 50 desa yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

Klik Juga : Obat Hipertensi Ditarik dari Peredaran

"Tahap kedua belum satupun yang cair karena tinggal proses SP2D di badan keuangan daerah (Bakuda). Kalau hari ini keluar SP2D, Insya allah mungkin besok cair," kata Basahir, Rabu (5/12) kepada Klikbabel.com. Pria yang kini juga menjabat sebagai Kades Gadung, Kecamatan Toboali tersebut menuturkan masing-masing desa belum menerima ADD tahap II sedikitnya diangka Rp 500 juta. Bahkan, banyak juga desa yang menerima sebesar Rp 600 juta namun belum dicairkan.

"Ini harus dicairkan, karena rata-rata desa telah melaksanakan semua kegiatan dan tinggal bayar. Apalagi banyak tunjangan dan gaji kita yang belum dibayar, Ketua RT pun sudah enam bulan gajinya belum dibayar," papar Basahir.

"Seperti Desa Gadung, sekitar 63 juta gaji Ketua RT yang belum di bayar, nunggu ADD. Belum lagi perangkat desa dan BPD sudah 3 bulan belum di bayar berkisar 160 juta untuk tunjangan dan penghasilan tetap (siltaf) mereka. Gaji lah kalau bahasa PNS nya, operasional," lanjut dia.

Diakuinya, informasi adanya desa di Basel yang juga belum seluruhnya menerima ADD tahap I tahun anggaran 2018 memang benar adanya. Namun, seingatnya hanya ada dua desa yang belum menerima karena informasi terakhir ada permasalahan intern sehingga tidak melengkapi berkas-berkas pencairan.

"Nah kalau itu aku gak pas jawabnya. Yang jelas tahap satu sudah lama cair bulan April kemarin. Insya allah penyerapan dana desa tahun ini mencapai 90 persen, paling-paling desa yang fisiknya belum dilaksanakan jadi silpa. Seperti peningkatan jalan dengan tanah puru kan faktor hujan yang jadi penghambat. Kalau untuk kita (Desa Gadung) bisa capai di atas 95 persen karena fisik hampir selesai semua," tandasnya.

loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com