• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


50 TI Rajuk Hantam DAS Basel, Satpol PP Bertindak

Rabu, 05 Desember 2018 | 21:22 WIB
Satpol PP Basel lakukan pendataan ke penambang. Foto ; Ist

Klikbabel.com, Payung - Masyarakat yang bermukim di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Belar, Kecamatan Payung Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengaku resah dengan aktivitas Tambang Inkonvensional (TI) secara ilegal. Menyusul adanya informasi tersebut membuat Sat Pol PP Basel geram dan terjun secara langsung ke lapangan untuk melakukan giat penindakan tegas dan sejumlah operasi penertiban pada Rabu (5/12) siang.

"Setelah kita langsung kroscek, benar ada aktivitas dan tim kemudian berhasil mengamankan empat unit mesin TI milik penambang," kata Kabid Perda Sat Pol PP Basel, Ali Akbar yang memimpin langsung operasi penertiban usai kegiatan.

"Hasil temuan di lapangan, kurang lebih ada sekitar 50 ponton TI Rajuk yang merambah DAS Belar. Namun, medan nya cukup sulit serta keterbatasan personil serta sarana prasarana membuat kami tidak bisa berbuat maksimal," tambah dia.

Tak sampai disitu saja, dipaparkan Ali, operasi itu sendiri dilakukan pihaknya menggunakan speed boat untuk menuju ke lokasi lantaran air alur sungai cukup dalam. "Tadi mereka sudah kami data, dan kami minta angkat kaki dan membongkar peralatan tambang. Kalau tetap tidak diindahkan kami akan mengambil tindakan tegas," terangnya.

Akibatnya, lanjut dia, limbah aktifitas penambangan yang merambah kawasan terlarang tersebut menyebabkan irigasi dan sawah masyarakat sekitar tercemar sehingga hal ini jika terus beroperasi akan merugikan petani.

loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com