• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


PKK Bangka Studi Banding ke Blitar, Belajar Test IVA

Selasa, 04 Desember 2018 | 14:06 WIB
Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten (PKK) Bangka bersama PKK Provinsi Bangka Belitung (Babel)

 

Klikbabel.com, Blitar - Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten (PKK) Bangka bersama PKK Provinsi Bangka Belitung (Babel), melakukan studi banding ke Kota Blitar, Provinsi Jawa timur (Jatim), Selasa (4/12/2018).

Studi banding sendiri dilakukan dalam rangkaian pembelajaran persiapan lomba administrasi tes iva tingkat nasional, Senin (3/12) kemarin.

Dalam kunjungan resmi kali ini rombongan PKK Bangka bersama PKK Provinsi Babel disambut Ketua PKK Kabupaten Blitar, Ninik Rianto dengan sajian penganan khas Blitar dan minuman teh berkhasiat asli diseduh dari kebun toga yang sejak tahun 2017 menyabet juara I tingkat nasional.

Rombongaan PKK Bangka yang diketuai Yusmiati Mulkan juga disajikan alunan musik angklung dengan nyanyian daerah Blitar berbahasa Jawa khas. ''Kita disambut dengan aneka musik, juga nyanyian khas blitar,''jelas Yusmiati Mulkan. 

Tak kalah seru, rombongan pun mencoba memainkan alat musik Kulintang. Selanjutnya, rombongan PKK Bangka dan PKK Babel menuju Kecamatan Selorejo, tepatnya ke Desa Ampal Gadding pemenang tes iva nasional. ''Iva tes ini merupakan tes bagi para kaum ibu dan wanita muda khususnya pada alat reproduksi wanita,''ungkapnya.

PKK Kabupaten Bangka sendiri pada tahun 2019, akan mewakili Babel ke tingkat nasional. Yusmiati pun berharap kedepannya,PKK Kabupaten Bangka mendapatkan hasil yang lebih baik dari tahun ini.

 ''Melengkapi dan melihat langsung dari dekat pelaksaan tes tersebut, menjadi tolak ukur bagi Kabupaten Bangka agar bisa lebih baik di tahun yang akan datang,''tuturnya.

Sementara itu, menurut Ketua Tim PKK Kota Blitar, Ninik Rianto mengatakan, pihaknya dalam mendapatkan kesempatan mewakili Provinsi Jatim sendiri menuju tingkat nasional tidaklah mudah. ''Tidak mengira didapuk untuk mewakili Jawa timur. Ini hasil kerja keras juga. Hasilnya Jawa timur dapat upakarti utama dua tahun berturut-turut dan juga juara nasional 2 tahun berturut,''ungkapnya.

Tes IVA sendiri, dikatakan Ninik, sangat didukung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, dan seluruh masyarakat. Selain itu, Bupati Blitar juga mengeluarkan Peraturan daerah (Perda) yang membebaskan pemeriksaan kepada para ibu-ibu di Kabupaten Blitar. ''Jumlah sasaran tes IVA se-kabupaten Blitar sendiri 62.000 orang, 3387 orang di Selorejo. Yang dikunjungi di desa ampel gading mencapai 300 dengan sasaran 400 orang,''tutupnya

 

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Zahrul
Sumber : PKK Kabupaten Bangka